Tuntut UMK Naik 10%! Ratusan Buruh Kembali Berunjukrasa di Depan Kantor Bupati Subang

0
75
Foto: Ratusan Buruh Serikat Pekerja Nasional (SPN) Menggelar Aksi Unjukrasa di Depan Kantor Bupati Subang,Senin(15/11/2021)/ FOTO:AHYA NURDIN

SUBANG-Ratusan buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional(SPN) menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati Subang. Senin (15/11/2021) siang. Dalam aksi buruh tersebut, para buruh membentangkan sejumlah spanduk, bendera dan poster bertuliskan tuntutan dan kritikan terhadap pemerintah yang tak bisa mensejahterakan buruh.

Dalam orasinya, Ketua DPC Serikat Pekerja Nasional(SPN) Kabupaten Subang, Asep Ruslan menyuarakan tuntutan kenaikan Upah sebesar 10 persen, Cabut PP 36 tahun 2021, tentang pengupahan, dan meminta dikeluarkan Peraturan Bupati atau Perda untuk penentuan skala upah di Kabupaten Subang.

“Tuntutan dari kita cuma minta kenaikan UMK yang layak. Dibanding dengan daerah tetangga seperti Purwakarta dan Karawang, UMK-nya jauh lebih besar dari Subang,” ujarnya.

Apalagi, kata Asep, kalaupun nantinya Subang menjadi kawasan industri, diharapkan kesejahteraan buruh di Subang harus diperhatikan. Jangan sampai, lanjutnya, lahan industri di Subang terbuka tetapi kesejahteraan buruh terabaikan.

“Itu yang tidak mau. Kita sebagai pekerja, tujuan utamanya adalah mensejahterakan pekerja dan keluarganya. Tapi dengan UMK yang kecil kita tidak bisa mensejahterakan keluarganya. Buat kesejahteraan diri sendiri saja kita belum mampu. Karenanya, kita minta pemkab mengusulkan kenaikkan UMK sebesar 10 persen di tahun 2022,” jelasnya.

Foto: Buruh Subang Pampang Poster bertuliskan Nyeleneh bikin ketawa/ FOTO: AHYA NURDIN

Asep juga menegaskan, aksi unjuk rasa buruh tak akan berhenti hari ini. Namun akan terus kita lakukan hingga tuntutan kita di kabulkan pemerintah

” Bersama elemen buruh lainnya, Kita akan terus menggelar aksi dengan massa yang lebih besar mulai Rabu 17 Nopember hingga 26 Nopember 2021 mendatang” Pungkasnya

AHYA NURDIN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here