AAU Serahkan 1 Unit Pesawat Cessna R-395 Untuk Lanud Suryadarma

0
78

SUBANG – Lanud Suryadarma sekarang memiliki satu Pesawat Cessna R-395 dari Akademi Angkatan Udara (AAU). Penyerahan ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima dari Gubernur AAU kepada Lanud Suryadarma, bertempat di apron Hanggar Pusat Pendidikan Terbang Layang (Pusdikterla) Lanud Suryadarma. Kalijati Subang, Rabu (14/7/2021).

Pesawat Cessna R-395 yang dipiloti oleh Kolonel Pnb Rony Widodo ini terbang dari Yogyakarta sekitar pukul 08.58 WIB dan berhasil mendarat dengan sempurna dilandasan Lanud Suryadarma pukul 11.40 Wib dan lansung menuju Apron Base Ops Lanud Suryadarma.

Setelah melaksanakan istirahat sebentar di Base Ops Lanud, setelah itu pesawat diarahkan menuju Apron Pusdikterla. pesawat disambut dengan water salute saat memasuki Apron hingga parkir di depan hangar Pusdikterla. kemudian Aircrew Cessna R-395 turun dari pesawat dan disambut oleh Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI Djohn Amrul ,S.AB., dan para pejabat Lanud Suryadarma. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh Komandan Lanud Suryadarma dan acara tradisi meliputi penyiraman air bunga, kata sambutan Komandan Lanud Suryadarma dan diakhiri pembacaan doa dan foto bersama.

Dalam sambutannya Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI Djohn Amarul, S.AB., mengucapkan terima kasih terutama kepada Kepala Staf Angkatan Udara yang telah menyerahkan atau memberikan kita sebuah hadiah besar yaitu sebuah pesawat Cessna R-395 untuk ikut melaksanakan peningkatan kemampuan pusat pendidikan terbang layang, dan terima kasih juga kepada Gubernur Akademi Angkatan Udara yang telah menyiapkan pesawat ini dan akhirnya pada hari yang kita nanti-nantikan tiba di lanud Suryadarma untuk memperkuat jajaran pusat pendidikan terbang layang dan sekaligus dalam pengembangan olahraga dirgantara.

Pada kesempatan itu juga Komandan berharap kepada para pimpinan TNI AU untuk memberikan support dan dukungan dalam pelaksanaan operasi penerbangan maupun sistem pemeliharaan pesawat nantinya.

“Oleh karena itu kita akan bentuk tim khusus di Lanud Suryadarma ini untuk mengawaki pesawat Cessna ini, sebagaimana kita ketahui kita masih punya tugas lanjutan mendidik pilot Cessna dan melatih para enginer untuk mengawaki pesawat ini” jelas Komandan.

“Kita berharap pesawat ini akan dapat menjadi salah satu andalan kita di Pusdikterla untuk dapat memajukan Kembali dalam Pendidikan terbang layang dan memperkuatkan Lanud Suryadarma dalam melaksanakan tugas-tugas TNI AU dalam menjaga wilayah kedaulatan di udara” pungkasnya.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here