Beranda Daerah Sukses Lakukan Pemberdayaan Masyarakat, Desa Mandalamekar Siap Jadi Pilot Project Pemerintah Pusat

Sukses Lakukan Pemberdayaan Masyarakat, Desa Mandalamekar Siap Jadi Pilot Project Pemerintah Pusat

284
0

TASIKMALAYA – Kepala Staf Khusus Kepresidenan Teten Masduki, menyebutkan bahwa pemerintah siap menduplikasi program pemberdayaan di Desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya.

Desa Mandalamekar sendiri merupakan desa yang menjadi ‘ibukota’ pemberdayaan masyarakat terutama yang dilakukan oleh Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK).

“Program pemberdayaan ini, terbukti sukses dilakukan di sebuah desa dengan wilayah yang cukup sulit. Maka pemerintah akan menduplikasi metode pemberdayaan di sini ke semua wilayah Indonesia,” kata Teten, saat berkunjung ke Desa Mandalamekar untuk menghadiri pembukaan Seminar Pandu Digital sekaligus meresmikan Workshop IT Center di desa tersebut, Senin (02/09/2019) kemarin.

Selain itu, Teten menegaskan kembali bahwa jika Tasikmalaya menjadi percontohan bagi desa desa di wilayah priangan timur, maka desa desa di Kabupaten Subang yang menjadi binaan Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan siap dijadikan sebagai percontohan bagi desa desa di kawasan pantura Jawa Barat.

Teten Masduki sudah berdialog langsung dengan Raja LAK Galuh Pakuan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi. Pesan Teten tersebut juga disaksikan oleh Staf Kepresidenan Ariani Djalal dalam obrolan ringan sembari meninjau kegiatan di kantor BP2DK dan PT Bumades Pancamandala.

“Subang harus juga dilakukan pemberdayaan seperti ini, dan kedepan bisa menjadi rujukan di wilayah pantura Jawa Barat,” kata Teten.

CEO BP2DK Irman Meilandi sebagai pelopor pemberdayaan di Desa Mandalamekar, mengungkapkan bahwa Subang sebenarnya memiliki potensi yang luar biasa. “Tinggal bagaimana bisa mengolah potensi tersebut menjadi manfaat bagi masyarakatnya,” ucap Irman.

Subang, kata Irman, bisa mulai dari desa desa di wilayah selatan. Proyeksi desa kawasannya kan sudah ditentukan seperti Desa Cikadu, Desa Bantarsari, Desa Cimenteng dan Desa Cirangkong Kecamatan Cijambe.

Ahya Nurdin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini