Didesak Buruh! Bupati Subang Akhirnya Keluarkan Rekomendasi Kenaikan UMK 2022 Sebesar 5 Persen

0
366
Foto: Ribuan Buruh Subang Gelar Aksi Demo di depan Kantor Bupati Subang, Tuntut uMK Naik 10 persen

SUBANG – Aksi besar-besaran buruh Subang menuntut kenaikan Upah atau UMK 2021 yang berlangsung dibeberapa titik.Akhirnya membuahkan hasil.

Buruh yang sejak Rabu(25/11/2021) pagi menggelar aksi di Subang Kota kawasan jalan akses pintu masuk gerbang tol Cilameri selama 2 jam yang sempat memacetkan lalulintas tersebut, kemudian melanjutkan aksinya ke Kantor Bupati Subang samapai pukul 19.00 WIB.

Hujan deras tak menyurutkan aksi para buruh di depan Kantor Pemkab Subang. Tidak hanya didepan Kantor Pemkab Subang. Buruh dikawasan Purwadadi dan Kalijati juga menggelar aksi di pintu akses masuk gerbang tol Kalijati.

Setelah didesak, dan khawatir terjadi sesuatu dengan aksi buruh. Bupati Subang akhirnya mengeluarkan surat rekomendasi kenaikan upah minimum sebesar 5 persen, untuk dikirimkan ke Gubernur Jawa Barat. Surat tersebut dibacakan oleh perwakilan dari ABS, Warlan.

“Kawan-kawan saya akan bacakan surat rekomendasi yang baru saja ditandatangani bupati, alhamdulilah tuntutan kita dipenuhi meski hanya 5 persen,” katanya.

Warlan juga menyebut bahwa tepat hari ini, di Jakarta tuntuan serikat pekerja dikabulkan MK, terkait peninjauan ulang terhadap UU Omnibus Law, sehingga menurutnya pemerintah tidak bisa mengeluarkan kebijakan strategis

“MK telah menyatakan untuk menangguhkan segala tindakan atau kebijakan yang bersifat strategis dan berdampak luas, serta tidak dibenarkan pula menerbitkan pelaksana baru yang berkaitan dengan UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja,” katanya.

Ketua SPSI Subang tersebut juga memastikan jika rekomendasi kenaikan upah dari bupati tersebut akan dikawal sampai pledo di Jawa Barat, yang akan berlangsung besok

“Kita akan terus kawal, sampai besok di Jawa Barat, bahkan bagaimana implementasinya juga akan terus kami kawal,” pungkasnya.

AHYA NURDIN | Patimbannews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here