Beranda Headline 136 KK Desa Belendung Terima Bantuan BLT Dana Desa

136 KK Desa Belendung Terima Bantuan BLT Dana Desa

126
0

SUBANG- Dalam rangka penanggulangan dampak wabah covid-19 atau corona virus, Pemdes Belendung Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang mulai salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Anggaran Dana Desa tahun 2020 kepada 136 Kepala Keluarga yang miskin dan rentan miskin.

Penyerahan pertama bantuan BLT-DD untuk masyarakat tersebut, secara simboli diserahkan langsung oleh Camat Cibogo, Sri Novia dan didampingi Hartono selaku Kades Belendung, serta disaksikan pula oleh unsur Babinsa TNI/POLRI, BPD, dan LPM, di Aula Desa Belendung, pada Selasa, 5/5/2020.

Kepala Desa Belendung Hartono menagatakan BLT Dana Desa ini adalah bantuan yang di berikan menggunakan Anggaran Dana Desa untuk membantu masyarakat yang terkena dampak baik langsung maupun tidak langsung wabah pandemi Covid-19.

Hartono Menambahkan jumlah penerima bantuan BLT (Bantuan Langsung Tunai) ini dari anggaran Dana Desa, yang diinstruksikan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Desa harus menyisihkan maksimal 30% dari total jumlah Dana Desa yang diterima.
Jadi total besaran buat BLT-DD yang disediakan jumlahnya sekitar Rp. 244.800.000,- untuk dibagikan kepada 136 KK . Dan setiap Kepala Keluarga mendapatkan bantuan uang sebesar Rp.600.000 perbulan, selama tiga bulan, mulai April dan sampai Juni 2020.

“Jumlah alokasi anggaran Dana Desa untuk BLT-DD sebesar Ro. 244.800.000 untuk 136 KK, kategori miskin dan rentan miskin. Dan insyaalloh para penerima manfaat BLT-DD, bisa diyakinkan tepat sasaran serta tidak ada yang duplikasi bantuan. Karena data penerima sudah hasil verifikasi dan vlidasi dari Tim desa yang telah kami buat”. Tegas Hartono

Sementara itu menurut Sri Novia Camat Cibogo, mengucapkan terima kepada Pemdes Belendung yang telah dapat melaksanakan penyaluran bantuan BLT-DD dengan tertib, aman, lancar dan pelaksanaannya sesuai regulasi.

Tambah Sri Novia, sistem pembagian BLT dengan mendatangkan para penerima ke kantor desa secara bergiliran dan terjadwal seperti ini, merupakan langkah baik guna memutus mata rantai penyebaran corona virus atau covid-19.

“Cara ini adalah salah satu cara menghindari kerumunan warga serta mendukung pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID -19,”ujarnya

Sementara itu Camat Cibogo pun berharap kepada warga penerima Dana BLT-DD Desa Belendung, agar bantuan ini dapat digunakan dan dimanfaatkan sebaik mungkin. pungkas Sri Novia.

Feri Kosasih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini