Beranda Daerah Alhamdulillah! 26 Pasien Positif CORONA di Subang Dinyatakan Sembuh

Alhamdulillah! 26 Pasien Positif CORONA di Subang Dinyatakan Sembuh

294
0

SUBANG – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Kabupaten Subang kembali melaporkan perkembangan pelaksanaan kegiatan pekan tes Swab massal Jawa Barat yang hari ini memasuki hari kelima.

“Kami melaksanakan Swab massal setiap hari di empat Puskesmas dengan sasaran minimal 40 orang. Dan sampai hari ini total yang sudah di Swab sebanyak 816 orang. Sedangkan untuk target yaitu 50 persen dari 1500 sasaran. Sehingga Kabupaten Subang sudah melampaui target tersebut,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr. Maxi didampingi Sekretaris TGTPP Covid-19 Subang, dan unsur TNI/Polri (19/6/2020) siang di Posko Gugus Tugas Covid-19 Subang.

Dijelaskan dr.Maxi, untuk hasil pemeriksaan tes Swab dibagi dua tempat, yaitu Balai Veteriner Subang dan Lab Kesda Bandung.

” Dari balai veteriner hasilnya sudah keluar di dua Puskesmas yaitu Puskesmas Ciasem dan Puskesmas Pusakanagara. Untuk Puskesmas Pusakanagara hasil Swabnya negatif semua. Sementara itu di Puskesmas Ciasem ada satu orang yang terkonfirmasi positif Covid-19,”jelasnya.

Dengan banyaknya warga Subang yang dites swab, ia mengaku bersyukur sampai hari ini baru satu orang yang terkonfirmasi positif covid-19.

“Tidak seperti yang kita bayangkan, harus kita syukuri banjir tes Swab ini tidak banyak yang positif. Seminggu ini hanya ada tambahan satu kasus positif di Kabupaten Subang,”imbuhnya.

Kemudian update perkembangan kasus  Covid-19 di Subang sampai hari ini lanjut dia,  kini berjumlah 62 orang, pasien sembuh 26 orang, dan meninggal dunia 3 orang.

“Untuk Pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 74 orang. 60 sembuh, 12 meninggal dunia, 2 orang masih dalam pengawasan. Orang dalam pemantauan (ODP) tinggal 24 orang,”paparnya.

Selanjutnya, kata dr.Maxi, terkait adanya warga desa Sindangsari Kecamatan Kasomalang   yang masih bertanya soal kelima pasien positif Covid-19 kemarin Kamis (18/6/2020), ditegaskan sudah sesuai prosedur dari Kementerian Kesehatan.Kepulangan mereka pun telah melalui berbagai pertimbangan yang matang. Proses isolasi mandiri kelima pasien tersebut akan dipantau petugas kesehatan dari puskesmas setempat.

“Jadi dengan isolasi mandiri di kampung halamannya, diharapkan psikis para pasien menjadi lebih baik sehingga mempercepat kesembuhan. Dalam kurun dua bulan perawatan di RSUD Subang, kelima pasien ini sudah melakukan delapan kali tes swab, namun masih positif Covid-19,”pungkasnya.

Ahya Nurdin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini