BAMUS DPRD Subang Bahas Pemekaran Kab.Subang

27

 

SUBANG – Dewan Perwakilan Rakyat(DPRD) Subang, hari ini Kamis(19/5/2022) mengundang Dinas terkait untuk membahas pemekaran Kabupaten Subang(Wilayah Pantura Subang).

Terkait hal tersebut, Ketua DPRD Subang, H Narca Sukanda mengatakan, pembahasan pemekaran Pantura telah dibahas di bamus. Dan hari ini dilanjutkan pembahasannya bersama dinas terkait.

“Dinas terkait yang diundang untuk membahas pemekaran Subang Utara, diantaranya BP4D, BKAD khususnya bagian aset, Bapenda dan dinas lainnya yang ada kaitannya dengan persoalan pembahasan pemekaran Pantura,” ungkap Ketua DPRD H Narca Sukanda.

Terkait pemekaran Kabupaten Subang, khususnya wilayah Pantura, menurut Narca, hal tersebut merupakan aspirasi masyarakat yang mesti diakomodir dan diperjuangkan.

“Kami sebagai lembaga wakil rakyat tentu harus mendengar apa yang diharapkan oleh masyarakat, dan aspirasi tersebut akan kita perjuangkan dengan mewujudkan harapan masyarakat tersebut,” katanya.

Selaku Ketua DPRD Subang, Narca mengaku sangat mendukung apa yang menjadi aspirasi masyarakat Pantura yang menginginkan pemekaran.

“Sejauh ini lembaga DPRD mendukung langkah-langkah yang ditempuh untuk pemekaran Pantura, seperti halnya menganggarkan anggaran untuk biaya Kajian Pemekaran sebesar Rp. 400 juta,”ucapnya.

Narca juga menjelaskan, apa yang menjadi persyaratan pemekaran daerah mesti dipenuhi. Jika sudah memenuhi persyaratan akan diajukan ke Gubernur dan Mendagri.

“Mudah-mudahan semua aspek persyaratan bisa dipenuhi, agar secepatnya bisa kita ajukan ke Gubernur Jabar” katanya

Berdasarkan pantauan, pembahasan Pemekaran dengan unsur Dinas terkait masih berlangsung di ruang Bamus DPRD Subang secara tertutup.

Sejauh ini belum ada hasil dan masih dilakukan pembahasan. Terlihat juga Kabag Perekonomian sedang memaparkan terkait potensi ekonomi wilayah Subang Utara.

” Kegiatan Perekonomian Kabupaten Subang, 60 persen ada di wilayah Pantura, begitu juga dengan sektor pertanian, perikanan juga mayoritas berlangsung di Pantura,” ungkap Kabag Perekonomian Pemkab Subang, Nurudin.

Selain itu, Wilayah Pantura Subang kedepan sangat berpotensi maju pesat karena ditunjang dengan adanya Pelabuhan Internasional Patimban.

“Dampak Pelabuhan Internasional Patimban di Pantura sudah terlihat, mulai dari pembangunan hotel-hotel, Mall, pusat pertokoan dan perbankan yang berkembang pesat,”Katanya(*)

Bagikan: