Beranda Headline BPN Bagikan 1.880 Sertifikat Tanah Program PTSL Kepada Warga Desa Belendung

BPN Bagikan 1.880 Sertifikat Tanah Program PTSL Kepada Warga Desa Belendung

304
0

CIBOGO – Sebanyak 1.880 warga Desa Belendung Kec.Cibogo Kab.Subang tersenyum lebar karena telah mendapatkan sertifikat tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)

Selain gratis, lembaran bukti keabsahan hukum atas tanah mereka itu juga dapat meningkatkan nilai manfaat tanah bila dibandingkan dengan tanah yang tidak bersertifikat.Program sertifikat gratis tersebut sepenuhnya dibiayai dengan APBN Pusat

Dalam kesempatan itu Kades Belendung Hartono mengatakan dengan adanya program PTSL ini, seluruh bidang tanah di Desa Belendung Kec.Cibogo Kab.Subang hampir seluruhnya sudah bersertifikat

” Saat ini penerima sertifikat tanah dari program PTSL di desa Belendung sebanyak 1.880 sertifikat, jadi hampir 95 % tanah di desa Belendung sudah memiliki sertifikat” ujar Kades Belendung Hartono

Sehingga dengan legalnya kepemilikan tanah diharapkan dapat memberikan kepastian hukum atas kepemilikan tanah

Saat penyerahan sertifikat PTSL di Aula Kantor Desa Belendung, Kepala Desa Belendung kepada warga meminta sertifikat tersebut dapat disimpan atau digunakan sebaik- baiknya. Jikapun digunakan untuk mendapatkan pinjaman uang ,sifatnya harus produktif, misalnya untuk usaha.

“Sertifikat tanah juga bisa digunakan untuk agunan kredit, guna menambah modal produktif usahanya, biaya pendidikan dan lain-lain yang bermanfaat,” beber Hartono

Sementara itu, Iip Sarifudin Ketua Program PTSL Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Subang, mengatakan pihaknya membagikan sebanyak 1.880 bidang sertifikat tanah kepada masyarakat Desa Belendung.

“Total yang diusulkan oleh desa itu sebanyak 2.000 bidang. Namun, yang baru bisa dibagikan hanya 1.880 bidang dan sisanya masih dalam proses penandatanganan,” kata dia.

Dia berharap kepada masyarakat setempat yang telah menerima sertifikat agar dapat menjaga dokumen tanah itu dengan baik. Ia juga meminta agar masyarakat dapat mengecek data identitas pemilik tanah di sertifikat tersebut.

“Jika menemukan ada kesalahan data, masyarakat bisa melaporkannya ke BPN, biar nanti dikoreksi dan segera diperbaiki. Kemudian, kami harap sertifikat bisa disimpan dan diamankan sebaik mungkin, bila perlu difotokopi,” kata dia.

Dia berharap, tahun berikutnya jumlah anggaran daerah maupun pusat untuk alokasi sertifikasi melalui program PTSL bisa ditingkatkan agar makin banyak warga Kabupaten Subang yang memperoleh kepastian hukum atas hak miliknya.

“Semoga dengan diterimanya sertifikat hak milik, dapat memberikan rasa aman, rasa tentram dengan adanya kepastian hukum dan meminimalisir potensi konflik dikemudian hari,” ungkap Iip Sarifudin

Dalam pembagian sertifikat program PTSL, pihak Desa Belendung Kec.Cibogo Kab.Subang bersama BPN Subang tetap memberlakukan Protokol Kesehatan bagi warga yang akan mengambil sertifikat, warga tetap diwajibkan pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak.

 

Ahya Nurdin

 

SIMAK!I VIDEO SELENGKAPNYA HANYA DI CHANNEL YOUTUBE SUBANG TV

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini