Beranda Headline BUMN PT. DAHANA Lakukan First Blasting Proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung

BUMN PT. DAHANA Lakukan First Blasting Proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung

626
0

BANDUNG  BARAT – Dengan, bahagia sebelum matahari menjulang ke tengah-tengah langit Bandung, PT DAHANA (Persero) memulai blasting perdana dengan bahan peledak yang diproduksi oleh Energetic Material Center (EMC), Subang. Bukan di pertambangan, kali ini blasting diaplikasikan pada proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, blasting dilakukan di Tunnel #11, Tipar Timur, Desa Laksana Mekar, Kec. Padalarang, Bandung Barat. Selasa, 24 September 2019.

Perusahaan plat merah yang telah teruji di industri bahan peledak ini dipercaya menjadi Kontraktor Blasting Services oleh China Railway Engineering Group Ltd. (CREC) selaku pemegang proyek. Sebelum Blasting, CREC melakukan doa-doa menurut kepercayaannya yaitu pemotongan hewan dan peledakan petasan, biasanya CREC menggunakan babi pada prosesi upacara sebelum pengerjaan blasting, namun karena menghormati warga setempat, akhirnya diputuskan penggantian hewan berupa seekor kambing.

“Sebelum blasting, ada upacara kepercayaan China, mereka memotong seekor kambing lalu meledakkan petasan yang dipasang di becho,” ujar Yondra Feta Erizal, Superintendent Operasi Divisi Kuari & Konstruksi PT DAHANA (Persero).

Keikutsertaan DAHANA pada proyek pembangunan nasional menurut Direktur Operasi PT DAHANA (Persero) Bambang Agung merupakan suatu kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri. Rencananya DAHANA akan melakukan konstruksi terowongan yang berada di kawasan Jawa Barat dan ditargetkan selesai pada awal tahun 2021.

“Proyek blasting ini sangat bermanfaat bagi DAHANA, karena dapat meningkatkan service level di sektor pekerjaan konstruksi, serta sebagai insan DAHANA, secara nyata dapat berbangga karena turut berpartisipasi mensukseskan proyek negara di wilayah Jabar,” ungkap Agung.

Sebelumnya, DAHANA sudah melakukan pekerjaan drilling dan blasting di empat proyek tunneling, dan berharap agar dapat menerapkan aplikasi blasting dengan menggunakan teknologi bahan peledak yang lebih tinggi, dan biaya yang masih bersaing nilai ekonominya.

Sebagaimana diketahui, PT DAHANA (Persero) memiliki lini bisnis meliputi Explosives Manufacturing, Drilling & Blasting, Related Services dan Defence Related yang melayani sektor usaha pertambangan umum, kuari dan konstruksi, minyak dan gas serta bahan peledak pertahanan.

Di sektor konstruksi sendiri, DAHANA memberikan layanan untuk peledakan jenis bench blasting, trench blasting, tunnelling, underwater blasting, dan building demolition. (Ahy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini