Beranda Daerah Desember 2020, Pelabuhan Internasional Patimban Mulai Beroperasi

Desember 2020, Pelabuhan Internasional Patimban Mulai Beroperasi

365
0
Pembangunan Areal Terminal Peti Kemas dan Kendaraan Pelabuhan Patimban seluas 300 Hektar, yang Mampu menampung Kendaraan 2,5juta Kendaraan dan Mampu menampung Kontainer 7 juta TUEs

SUBANG-Pelabuhan Patimban di Kecamatan Pusakanagara Subang, Jawa Barat mulai beroperasi pada Desember 2020 mendatang.

Plt Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur danTransportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Ayodhia GL. Kalake mengatakan pelabuhan ini akan menghubungkan Subang, Indramayu, Cirebon, Brebes dan sekitarnya.

“Pelabuhan (Patimban) terbesar kedua setelah Pelabuhan Tanjung Priok ini siap menghubungkan berbagai wilayah produktif di Subang, Indramayu, Cirebon, Brebes, dan sekitarnya,” kata Ayodhia dalamn siaran persnya, Jakarta, Senin (12/10/2020).

Pembangunan Pelabuhan Patimban merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). Saat ini pemerintah pusat masih melakukan koordinasi dengan kementerian/lembaga untuk finalisasi pembangunannya. Diharapkan proyek ini bisa rampung dalam waktu 2 bulan.

Sementara untuk jalan akses road sepanjang 8,2 Km sebagai salah satu akses jalan dari Jalur Nasional 1 (Jalur Pantura) menuju Pelabuhan Patimban sudah 98 persen dan akhir Oktober 2020 akan rampung dan siap diuji cobakan.

Terkait rencana pengoperasian Pelabuhan Patimban, perwakilan Himpunan Kawasan Industri (HKI) sangat mengapresiasi hal tersebut. Beberapa hal yang menjadi harapan HKI diantaranya konektivitas dan akses jalan harus berstandar internasional, serta tersedianya hardware dan software yang memadai di pelabuhan.

 

Sumber: Merdeka.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini