Beranda Daerah Dibangun Dengan Dana Rp.7,53 Triliun, Ruas Akses Tol Pelabuhan Patimban Sepanjang 37...

Dibangun Dengan Dana Rp.7,53 Triliun, Ruas Akses Tol Pelabuhan Patimban Sepanjang 37 Km di Target Selesai Tahun 2022

828
0

SUBANG-Ruas tol baru untuk akses Pelabuhan Patimban – Tol Cipali sepanjang 37 kilometer akan segera dibangun. Tol ini akan menjadi urat nadi bagi Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat yang digadang-gadang menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pernah mengatakan pembangunan jalan memiliki peran penting sebagai “backbone” dalam pengembangan konektivitas antar wilayah dalam rangka memperlancar distribusi logistik di Indonesia. Selain itu, pembangunan tol memiliki prospek investasi yang baik dan kehadirannya sudah ditunggu oleh masyarakat dan pelaku usaha.

Ia mencontohkan Jalan Tol Akses Patimban yang tersambung dengan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan Pelabuhan Patimban yang segera menjadi pelabuhan cargo terutama untuk ekspor mobil. Jalur tol ini akan menjadi kawasan ‘gemuk’ yang akan berkembang kawasan industri baru.

Jalan Tol Akses Patimban nanti tidak hanya menghubungkan Patimban dengan Jalan Tol Cipali saja, tetapi juga melayani sepanjang tol ini. Nanti sepanjang Tol Akses Patimban akan muncul kawasan-kawasan industri baru. Makanya kita pilih karena di sana sudah ada kawasan calon industri baru dan ini akan sangat menguntungkan investasi Jalan Tol Akses Patimban,” kata Basuki beberapa waktu lalu.

Jalan tol baru sepanjang 37 Km merupakan akses penting, dan termasuk proyek yang melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan proyek akses tol Pelabuhan Patimban sudah disetujui Presiden Jokowi. Proyek ini akan dikebut agar bisa selesai pada 2022.

“Berikutnya yang trase sudah diputuskan dan akan dibuat akses dari Pelabuhan Patimban melanjutkan akses ke Tol Cipali yang diperkirakan akan memakan waktu 2 tahun,” kata Airlangga.

Sumber : cnbcindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini