DPRD Subang Gelar Rapat Paripurna! Bahas Raperda Terkait Peran BUMD Dalam Menjalin Kerjasama Dengan Swasta

8
Foto : Ketua DPRD Narca Sukanda, Pimpin Rapat Paripurna Pembahasan Raperda. / FOTO : AHYA NURDIN

 

SUBANG – DPRD Subang kembali menggelar Rapat Paripurna terkait Raperda, Rabu 18 Mei 2022. Dalam rapat paripurna tersebut membahas terkait jawaban eksekutif atas pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Raperda penyelenggaraan perhubungan dan penjelasan Bupati Subang atas 2 buah Raperda usul prakarsa DPRD Kabupaten Subang.

Dalam rapat sidang Paripurna kali ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Subang membacakan Jawaban-Jawaban terhadap 7 Fraksi yakni PDIP, Golkar, Gerindra, PKB, Nasdem, PAN, dan PKS dengan beberapa point penyampaian jawaban.

Selain menjawab pertanyaan Fraksi DPRD,  Asep Nuroni, juga membacakan tanggapan Bupati atas 2 buah Rancangan Peraturan Daerah tentang Optimalisasi Badan Usaha Milik Daerah bagi daya dukung badan usaha Pelabuhan Patimban dan ekosistem investasi daerah bagi daya dukung proyek strategis nasional REBANA.

“Arah jangkauan Raperda ini adalah untuk menjawab tantangan yang dihadapi dalam optimasi pemanfaatan proyek strategis nasional pelabuhan Patimban dengan memprioritaskan konektifitas antar infrastruktur atau pusat kegiatan ekonomi untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi berbasis kewilayahan dan otonomi daerah,”ujar Asep Nuroni.

Asep Nuroni juga berharap, dengan adanya Raperda ini BUMD dapat lebih profesional sehingga layak menjadi anggota panel atau melakukan kerjasama operasional jasa kepelabuhan dan kawasan Industri lainnya yang segera akan dibangun di Subang.

“Semoga pihak BUMD bisa memanfaatkan peluang kerjasama dengan otoritas pelabuhan, serta beberapa kawasan Industri di Subang,  dapat meningkatkan deviden saham Pemerintah Daerah Kabupaten Subang atau perolehan PAD,”harapnya.

Turut hadir dalam rapat sidang Paripurna tersebut, ketua DPRD Kabupaten Subang, Wakil Ketua DPRD, para asda, para Kabag lingkup Setda, dan perwakilan OPD.(*)

Bagikan: