Beranda Daerah DPW FKDT Jabar Gelar Rakorwil II di Ciater, Bahas Penguatan Organisasi &...

DPW FKDT Jabar Gelar Rakorwil II di Ciater, Bahas Penguatan Organisasi & Ekonomi Umat

453
0
Rakorwil II DPW FKDT Jabar, Bahas Penguatan Birokrasi Organisasi & Penguatan Ekonomi Umat Lewat Koperasi.

SUBANG – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Forum Komunikasi Diniyah Taklimiyah (FKDT) Jawa Barat menggelar Rakorwil II  dengan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) se-provinsi Jabar, di Hotel Puspasari. Ciater Subang, Sabtu (08/08/2020)

Kyai Atep Abdul Ghofar Ketua DPW FKDT Jabar dalam sambutannya mengatakan, Rakor ini sebagai penguatan organisasi dalam mengembangkan pendidikan diniyah taklimiyah. Sebab, kata dia, masih banyak madrasah diniyah (madin) di Jawa Barat yang saat ini masih membutuhkan dukungan dari pemerintah. Baik dukungan berupa Bantuan Operasional Sekolah (Bos) atau insentif untuk para gurunya.

Ketua DPW FKDT Jawa Barat, Atep Dalam paparannya, ia meminta DPC FKDT Se Jawa Barat membangun sinergitas dengan Pemerintah Kabupaten Setempat

“Tanpa bermitra dengan pemerintah, sulit FKDT mewujudkan visi-misinya,” jelasnya

Menurut dia, sebagai organisasi yang dekat dengan para kiai dan santri, FKDT harus menerapkan pola manajemen organisasi modern yang profesional, terbuka, taat aturan main serta terstruktur dengan rapi.

“Harapannya, FKDT menjadi organisasi terbuka dan bermanfaat bagi madrasah diniyah,” ujarnya.

Dalam Rakor yang mengambil Tema ” menguatkan Tatanan Birokrasi Organisasi FKDT Jabar dan Penguatan Ekonomi Umat Melalui Koperasi FKDT Jabar 2020″

Atep juga mengatakan, akan mendorong penguatan ekonomi umat untuk memutus mata rantai kesenjangan di masyarakat. Salah satu tindakan nyata yang dipikirkannya adalah melalui koperasi

“Pendirian Koperasi ini agenda besar yang akan menjadi garapan FKDT Jabar di bidang ekonomi, sekaligus sebagai senjata untuk melindungi ekonomi pesantren dan pendidikan diniyah”katanya

Menurut Atep, koperasi sesuai untuk bangsa Indonesia karena sangat cocok menjadi wadah pemberdayaan ekonomi umat.

“Koperasi adalah sebagai lembaga yang bisa mengantisipasi dan mendorong pengembangan ekonomi Umat”katanya lagi

Dikatakan Atep, dengan di bentuknya koperasi FKDT Jabar ini bisa menjadi wadah untuk mengakomodir produk2 UKM yang di miliki oleh warga Diniyah dan menambah kesejahteraan rekan Guru Diniyah, karena dengan konsep dari Diniyah, oleh Diniyah untuk Umat,” Ungkapnya.

Selain koperasi, FKDT Jabar saat ini, kata Atep sedang memfokuskan program pemberdayaan umat melalui pengembangan Wadin (Warung Diniyah), wadin ini dibagi 3 kategori yakni WadinNet (toko online), WadinMart (minimarket) yang akan kita dirikan di tiap kecamatan se Jabar serta Wardin yang ada di Diniyah atau sekitar Diniyah itu sendiri.

“Dalam konsep pemasaran ini kita akan lebih banyak produk yang kita miliki dengan nama WADIN (Warga Diniyah).Produk yang sekarang siap berupa Peci Hitam Wadin, Beras Wadin, air Mineral Wadin, Sarung Batik Wadin, Tas Wadin, dan kerudung, pokoknya kami punya bransing Wadin,” jelasnya.

Wadin juga memiliki konsep tanggung jawab sosial berbasis shadaqah,”Setiap konsumen yang belanja di Wadin bernilai shodaqoh karena kita sisihkan dari laba untuk dana sosial dengan konsep BELANJA SAMBIL BERSHODAQOH,” ujarnya, penuh semangat.

Atep berharap, upaya itu menjadi langkah baginya untuk meletakkan fondasi ekonomi umat khususnya dalam wadah Organisasi FKDT

Dalam Rakor DPW FKDT Jabar dihadiri oleh seluruh Ketua DPC FKDT se Jabar, Hadir juga Plt.Kabid PD Pontren Kanwil Kemenag Jabar, dan Ketua FKDT Jabar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini