Beranda Daerah Dukung Desa Pesantren Berbasis Digital, CEO Smart Connect Kunjungi Ponpes Pagelaran...

Dukung Desa Pesantren Berbasis Digital, CEO Smart Connect Kunjungi Ponpes Pagelaran 1 Tanjungsiang

281
0

SUBANG- Peran digitalisasi pesantren era sekarang dirasakan sangat penting hal itu muncul ketika diskusi desa pesantren berbasis digital di pondok pesantren Pagelaran 1 Cimeuhmal kecamatan Tanjungsiang kabupaten Subang, (21/ 06/2020).

Kehadiran CEO Smart Connect Agus yang mengunjungi 2 pesantren di Subang hari itu disebut langkah strategis dan bersejarah membuka kabut ketertutupan pesantren dalam aspek tekhnologi informasi pesantren.

Didampingi Ketua Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan Rakhyang Mandalajati (RM) Evi Mandalajati Agus mendukung peran pesantren di era digital. Menurutnya secara tekhnis dia sudah mengirim tim untuk mengecek program desa pesantren berbasis digital.

“Saya sudah mengirim tim mengecek kesiapan tekhnis ke ponpes Al Ikhlas Raudhatul Uluum dan Ponpes Pagelaran 1 Tanjungsiang, intinya kita langsung support semua melalui kang Raja, bahkan kita sudah narik kabel dari Cirangkong dengan segala tantangan alamnya,” ungkap Agus.

Secara gamblang Agus mengatakan pentingnya arus informasi yang bisa mengangkat citra daerah, dan ini bisa disebut langkah terobosan karen dengan terbangunnya konektivitas informasi maka gerbong perekonomian juga akan ikut bergerak dengan cepat.

“Intinya istilahnya kita sedang membangun jalan tol dan nanti konten konten yang bisa masuk dibicarakan, misalnya konten ekonomi yang bisa dipromosilan keluar,” kata Agus

Sementara Galuh Pakuan menurut Evi Silviadi berupaya menyambungkan ide desa dan pesantren dalam rangka membuka wawasan informasi.

Pimpinan Ponpes Pagelaran 1 Desa Cimeuhmal Kecamatan Tanjungsiang KH Maman S Jamaludin mengapresiasi inisiasi LAK Galuh Pakuan yang mendorong sinergitas pesantren & desa dalam program digitalisasi itu.

” Peran LAK Galuh Pakuan & Smart Connect Ini akan dicatat sejarah, apalagi pondok pesantren Pagelaran 1 ini merupakan pesantren pokok perjuangan KH Muhyiddin, pondok yang didirkan tahun 1918 dengan eksistensi cukup lama ini akan sangat terbantu akses informasinya karena terhubung dengan program internet yang efisien,” ungkapnya.

Peran LAK Galuh Pakuan menghubungkan Pesantren, desa dengan Smart Connect dilaksanakan di 3 desa di Subang Selatan, di Kecamatan Kasomalang, Kecamatan Tanjungsiang dan Kecamatan Cisalak kabupaten Subang.

 

Ahya Nurdin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini