Dukung Kawasan Industri, Lahan Industri di Subang Akan Diperluas Hingga 31 Ribu Hektar.

27
PUPR
Ket Foto : Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Subang, Ahmad Suparto.

SUBANG – Wilayah Kabupaten Subang akan menjadi daerah strategis Pengembangan Ekonomi Nasional di masa depan. Hal tersebut, mengingat Kabupaten Subang menjadi salah satu daerah yang sudah di plot oleh Pemerintah Pusat untuk menjadi daerah Kawasan Industri bersama Kabupaten Batang Jawa Tengah.

Dalam upaya mendukung pembangunan Kawasan Industri(KI). Pemkab Subang akan menambah areal atau perluasan lahan untuk kawasan industri.

Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Subang, Ahmad Suprapto, mengungkapkan, dalam upaya mendukung Pembangunan Kawasan Industri(KI). Pemkab Subang sedang melakukan kajian untuk melakukan penambahan luas areal kawasan industri.

” Kami dari Pemkab Subang sedang melakukan kajian untuk penambahan lahan kawasan industri, dari lahan yang sudah ada sejak tahun 2014 seluas 11.250 Ha dan akan ditambah hingga menjadi 31.000 Ha,” ujar Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Subang, Ahmad Suparto, Selasa(17/5/2022) siang

Menurutnya, dari 6 Kecamatan yang ada saat ini yang diperuntukan untuk kawasan industri, akan ditambah 1 kecamatan dan diperluas arealnya.

” Dari 6 kecamatan di Subang yang sudah dijadikan kawasan Industri diantaranya Kec.Cipeundeuy, Kalijati, Purwadadi, Pabuaran, Cibogo, Cipunagara dan akan ditambah 1 kecamatan lagi yakni Pusakanagara yang diperuntukan untuk menunjang Proyek Strategis Nasional Pelabuhan Internasional Patimban,” katanya

Ahmad, juga menjelaskan, Dikawasan Pusakanagara ini, nantinya akan dibangun kawasan industri dan kawasan Megapolitan.

“Dikawasan Pelabuhan Internasional akan dibangun Kota Baru Patimban (kawasan perkotaan segitiga rebbana) yang didalamnya terdapat kawasan perumahan elit, wisata, akses kesehatan, hingga perkantoran, dan pusat ekonomi masyarakat seperti pasar modern” Jelasnya.

Tak hanya nambah 1 Kecamatan, namun areal lahan industri yang sudah ada juga akan akan diperluas.

“Misalnya untuk Kecamatan Cipeundeuy saat ini diperluas arealnya untuk kawasan industri Suryacipta(Smartpolitan) dan Kecamatan Cipunagara ada penambahan 1.500Ha yakni lahan eks Perkebunan Tebu(RNI)” Kata Ahmad Suprapto.

Dikatakan Ahmad Suprapto, pengembangan Kawasan Industri(KI) di Subang sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan potensi lokal strategis.

“Selain membuka lapangan kerja baru, meningkatkan investasi dan pengembangan wilayah utara Jawa secara berkelanjutan dan juga akan meningkatkan ekonomi masyarakat sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat” pungkasnya(*)

Bagikan: