Beranda Daerah Festival Tari Jaipong Galuh Pakuan Cup IV Tahun 2020 Siap Digelar Secara...

Festival Tari Jaipong Galuh Pakuan Cup IV Tahun 2020 Siap Digelar Secara Virtual Dengan Total Hadiah Rp100 juta

596
0

SUBANG – Raja Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi SB, mengajak Kemendikbud dan Kemenkominfo dalam menggarap Festival Tari Jaipong Galuh Pakuan Cup IV Tahun 2020 Tingkat Nasional secara virtual.

Festival Tari Jaipong Galuh Pakuan Cup IV Tahun 2020 kali ini diungkapkan Raja Galuh bertujuan, untuk menumbuh kembangkan rasa kecintaan generasi muda terhadap seni Tari Jaipong, yang sudah mendunia. Sekaligus sebagai ciri khas, dan karakter bangsa, yang sudah dikenal dunia internasional.

Dalam Festival ini kata Raja Galuh, ada yang unik dan belum terjadi sebelumnya, karena mulai dari proses garapan koreografer, hingga proses pembuatan konten vidio, dan hasil produk yang akan di lombakan, akan menjadi penilaian tim juri, dan pengamat, termasuk akademisi seni dan budaya , serta tekhnologi. Karena dalam Festival tersebut, lagu dan musik wajib hanya tunggal yaitu “Galagar Odeng”.

“Festival Tari Jaipong Galuh Pakuan Cup IV kali ini, lebih menggelegar, karena lagu dan musik wajibnya yakni “Galagar Odeng”, yang menjadi ciri khas dan karakter Galuh Pakuan. Sehingga Galuh Pakuan menggandeng Kemendikbud dan Kemenkominfo, karena Festivalnya berlevel tingkat nasional,” ujar Raja Galuh kepada wartawan di Subang, Rabu (19/8/2020).

Selain itu menurut Raja Galuh, panitia memperbolehkan bagi seluruh peserta dari beberapa daerah untuk mengkolaborasikan gerakan tari “Galagar Odeng” dengan gerakan tari daerah, dan kearifan lokal masing-masing daerah.

“Kolaborasi gerakan tari “Galagar Odeng” dengan gerakan tari daerah dan kearifan lokal masing-masing dareah tersebut. Tujuannya untuk mempersatukan nusantara melalui tarian Galagar Odeng,” terangnya.

Sementara itu Raja Galuh menyebutkan, di Festival Tari Jaipong Galuh Pakuan Cup IV Tahun 2020 ini, panitia menyediakan hadial total sebesar Rp100 juta, untuk katagori Anak-anak, Remaja dan Dewasa, Tunggal dan Rampak.

“Festival tari Jaipong Galuh Pakuan Cup IV Tahun 2020 ini, kami menyediakan total hadiah sebesar Rp100 juta rupiah, untuk semua katagori yang diperlombakan,” pungkas Raja Galuh.

Untuk pendaftaran peserta dimulai sejak 1 sampai dengan 31 September 2020, kemudian proses produksi mulai 1 sampai dengan 30 Oktober 2020, selanjutnya penilaian dan pertunjukkan secara virtual, dilaksanakan pada 1 November hingga 15 Desember 2020. Akan ditanyangkan secara live streaming di Subang TV Channels

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini