Beranda Daerah Keren! LAK Galuh Pakuan Akan Bangun Fasilitas Arena Arung Jeram di Subang

Keren! LAK Galuh Pakuan Akan Bangun Fasilitas Arena Arung Jeram di Subang

256
0

SUBANG – Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan kembali menginisiasi persiapan pembangunan fasilitas untuk Cabang Olahraga (Cabor) Arung Jeram Kabupaten Subang.

Untuk persiapan pembangunan fasilitas arung jeram tersebut, Rakeyan Nuswajati Galuh Pakuan Bezie Galih Manggala, bersama dengan 20 orang dari unsur Pramuka, Mapala Barawarna Unjani Cimahi, Mapala Jayapala STIKes Unjani, Pandu Desa Digital Galuh Pakuan unsur pemuda Desa Cibalandong Kecamatan Cibogo, serta dari BPBD Kabupaten Subang melakukan fun rafting di aliran Sungai Cipunagara Subang, Minggu (27/10/2019).

“Kita mendapatkan dukungan penuh dari Raja LAK Galuh Pakuan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi, untuk melakukan persiapan pembangunan fasilitas arung jeram tersebut,” ujar Bezie kepada wartawan di Subang, Minggu (27/10/2019).

Survey lokasi tersebut kata Bezie, selain untuk penyusunan alur sungai Cipunagara, sekaligus dimanfaatkan untuk fun rafting atau latihan bersama, dalam menghadapi Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar 2022, karena dari 20 orang yang ikut terlibat dalam survey alur sungai, ada beberapa atlit arung jeram Kabupaten Subang.

“Survey yang kita lakukan tadi kita manfaatkan juga untuk fun rafting, dan kita sudah mengantongi untuk penyusunan alur sungai Cipunagara, yang akan dijadikan track arung jeram di Kabupaten Subang,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Pengcab Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kabupaten Subang, Ratu Agung LAK Galuh Pakuan Indung Budak Noviyanti Maulani mengatakan, pembangunan fasilitas arung jeram itu, akan dilakukan secara bertahap, tetapi FAJI menargetkan selesai di Januari 2020 nanti, khusus untuk fasilitas dasar harus sudah mulai running.

“FAJI menargetkan fasilitas dasarnya sudah running di awal 2020 nanti,” kata Noviyanti.

Noviyanti mengungkapkan, adapun pembangunan fasilitas arung jeram Kabupaten Subang itu, dimulai dari pengadaan perahu, perapihan dock, pembangunan fasilitas untuk lokasi start dan finish di jalur arung jeram, gudang, dan fasilitas pelatihan.

“Fasilitas yang akan kita bangun itu diharapkan bisa secepatnya terealisasi, agar FAJI bisa melakukan pembinaan para atlit arung jeram, setelah semua fasilitas terbangun, untuk kepentingan menghadapi Porda Jabar 2020,” pungkasnya.

 

Ahya Nurdin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini