Beranda Daerah Komunitas Street Art Karawang (Mural Karawang), Hobby Yang Menghasilkan Uang

Komunitas Street Art Karawang (Mural Karawang), Hobby Yang Menghasilkan Uang

164
0

KARAWANG – Sering kita menemui atau melihat gambar-gambar lukisan atau tulisan yang ada di dinding suatu bangun, dinding jembatan layang, trotoar dan lain sebagainya.

Ada dua jenis seni lukis jalanan yang hampir mirip tapi beda yaitu grafiti dan mural.

Secara garis besar grafiti kebanyakan menggunakan cat semprot dan lebih condong karyanya berbentuk tulisan yang dikreasikan menjadi sesuatu yang menarik sedangkan mural bisa menggunakan cat atau apa saja untuk menggambar.

Mural pada awalnya adalah suatu seni idealis untuk mengekpresikan suatu kritik atau pesan moral maupun sosial. Tetapi pada perkembangannya mural lebih luas lagi cakupannya, bisa bersifat komersil seperti menjadi media promosi bahkan dekorasi baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan.

“Komunitas Street Art Karawang atau Komunitas Mural Karawang sekarang beranggotakan 20 orang, pertama dibentuk tahun 2013 dan baru diresmikan pada tahun 2018,” jelas Amirul fahmi ketua Komunitas Street Art Karawang.(20/09/2020)

Dalam kegiatan berkarya seni komunitas mural Karawang dilakukan secara kelompok. Biasa mereka mencari spot atau media gambar mereka di ruang publik dengan sebelumnya meminta ijin ke pihak yang berwenang di suatu wilayah.

“Dalam setiap kegiatan kami selalu meminta ijin pada Rt/Rw setempat atau pihak yang berwenang di suatu wilayah namun masih banyak yang menganggap kegiatan kami itu ilegal tanpa ijin,” ungkap Amirul.

Ide ataupun tema biasanya dari hasil diskusi anggota komunitas apabila spot atau medianya di lingkungan publik. Bahkan modalnya juga dikumpulkan secara kolektif dari anggota komunitas.

Lain halnya apabila ketika diminta oleh pihak konsumen seperti hotel, kafe dan lain-lain yang meminta dindingnya digambar sesuai keinginan mereka, justru komunitas ini bisa mendapatkan bayaran atau penghasilan.

“Selain pesanan konsumen, even atau kompetisi juga tidak memerlukan modal sendiri karena fasilitas untuk untuk kami berkarya sudah disediakan oleh panitia penyelenggara,” tambah Amirul.

Komunitas mural Karawang ini juga pernah menjuarai kompetisi mural tingkat nasional di salah satu Stasiun Televisi Nasional maupun di beberapa kompetisi lokal.

“Harapan kami kedepan adalah agar bisa terus berinovasi dalam berkarya dan mengajak orang-orang yg mempunyai hobby dan bakat dalam seni rupa untuk bergabung. Dan semoga seni mural bisa menjadi identitas dan ciri khas sehingga bisa mengharumkan nama kota Karawang,” harap Amirul.(Nanang Suparman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini