Beranda Headline Kunker ke Subang, Menteri Pertanian Lakukan Percepatan Masa Tanam & Berikan Bantuan...

Kunker ke Subang, Menteri Pertanian Lakukan Percepatan Masa Tanam & Berikan Bantuan Sebesar Rp.14 Milyar Kepada Petani

1384
0

SUBANG – Salah satu langkah strategis pemerintah untuk meningkatkan produktivitas pertanian di tanah air yakni melalui upaya percepatan proses tanam.

Bahkan, untuk menggerakkan semangat petani dalam rangka percepatan proses tanam, Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo hari ini, Sabtu (6/6/2020), melakukan kunjungan kerja ke Desa Ciberes, Kecamatan Patok Besi, Kabupaten Subang.

Sebagai informasi, tujuan kunjungan kerja Mentan ini dalam rangka melakukan upaya percepatan tanam di persawahan di Kab. Subang

Adapun varietas padi yang ditanam di lokasi tersebut adalah varietas Ciherang, yang memiliki produktivitas sekitar 8 hingga 9 ton gabah kering panen per hektar lahan tanam.

Dalam kesempatan itu, Sahrul Yasin Limpo mengungkapkan harapannya agar para petani mulai mengupayakan langkah percepatan tanam mulai saat ini.

“Kami sudah membuat surat resmi kepada semua Bupati yang ada di seluruh Indonesia untuk segera melakukan langkah percepatan tanam. Karena sekarang sudah memasuki akhir musim hujan, dan kita akan segera menghadapi musim kemarau panjang,” ujarnya.

Lebih lanjut, Syahrul mengatakan bahwa saat ini Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan berbagai upaya untuk menjaga ketahanan pangan sebagai komitmen dan tanggung jawab menyediakan bahan pangan bagi 267 juta penduduk Indonesia. Salah satu upaya itu adalah dengan mendorong masyarakat memanfaatkan pekarangannya.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pertanian bisa menjadi sektor andalan di tengah tantangan ekonomi yang melemah. Pandemi Covid-19 telah membuat banyak orang kehilangan pekerjaan dan meningkatkan kekhawatiran akan ketersediaan sumber pangan.

Dampak corona membuat ekonomi melemah, banyak orang kehilangan pekerjaan, obatnya ada di depan mata, yaitu bertani, bertanam di pekarangan,” ujar Mentan saat kunjungan kerja di desa Ciberes Kec. Patokbeusi Subang, Sabtu(6/6/2020).

Dia melanjutkan, pekarangan memberikan manfaat besar bukan saja terhadap pemenuhan penyediaan pangan yang sehat, juga bahkan dapat menjadi sumber pendapatan keluarga.

“Kegiatan P2L merupakan kegiatan pemanfaatan pekarangan pangan yang dilaksanakan oleh Kementan melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP),” ucapnya

Di masa pandemi ini, bisnis pertanian tidak akan mati, karena tidak ada orang di dunia tidak butuh makan.

“Ini berarti sayuran di sekitar kita ini, dengan teknologi lebih baik, maka hasilnya akan luar biasa. Negara lain pun pasti akan minta,” katanya.

Terkait dengan itu, Mentan juga menyerahkan paket bantuan senilai Rp.14 Milyar berupa bantuan benih, Alsintan, bantuan KUR Petani, dan Asuransi untuk para petani yang diterima langsung para petani

Kunjungan kerja Menteri Pertanian Syahril Yasin Limpo didampingi sejumlah Dirjen dilingkungan pertanian, juga di hadiri oleh Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Pangdam III Siliwangi Mayjen Nugroho Budi Wiryanto, WakaPolda Jabar Brigjen Pol. Akhmad Wiyagus, Bupati Subang H.Ruhimat, Anggota DPR RI Komisi IV Dedi Mulyadi, Dandim 0695/Subang Letkol.Arh.Edy Maryono dan Kapolres Subang AKBP Teddy Fanani.

 

Ahya Nurdin | Feri Kosasih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini