Beranda Daerah Miris! Bangunan SDN Cintawana Serangpanjang Rusak Parah

Miris! Bangunan SDN Cintawana Serangpanjang Rusak Parah

212
0

SUBANG – SDN Cintawana adalah salah satu sekolah dasar milik negara yang terletak di pelosok Subang tepatnya Kp. Cigebang Desa Talagasari Kecamatan Serangpanjang. Sayangnya, sekolah ini tidak terurus. Gedungnya rusak nyaris ambruk.

Informasi yang didapat porosjabar.com dari seorang warga setempat, tampak sejumlah bangunan tidak terawat. Tembok mengelupas, jendela tanpa kaca, atap bolong dan genting berjatuhan. Lantainya juga rusak.

Belum lagi fasilitas belajar yang tidak layak. Bangku banyak yang rusak. Membuat siswa SDN Cintawana yang kurang lebih hanya berjumlah 60 orang semua kelas itu tidak akan nyaman belajar apalagi berprestasi.

Tenaga pengajarnya, kebanyakan masih honorer. PNS cuma tiga orang itupun berikut kepala sekolah. Kepala Sekolah SDN Cintawana Ade Mulyana mengatakan bahwa dari enam Ruang Kelas yang ada, hanya dua yang bisa digunakan.

Padahal, kita semua tahu. Dana pendidikan melimpah ruah. 20 persen dari ABPN. Kalau katakanlah, APBN kita Rp 1.000 triliun saja, berarti dana pendidikan dapat Rp 200 triliun setiap tahun. Sementara dilihat dari usia bangunan yang rusak, diperkirakan sudah bertahun-tahun terabaikan. Tidak dapat perhatian dinas terkait.

Mirisnya lagi, akses menuju SDN Cintawana terhitung jauh dan menantang. Sebab jalan yang dilalui masih buruk dan mesti melewati jembatan gantung kayu yang cukup tua. Sungguh betapa penuh perjuangan para pelajar dan pengajar SDN Cintawana.

Ade Mulyana menyebut bahwa sekolah yang ia pimpin akan mendapat bantuan bulan November tahun ini. Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Subang, Tatang Komara. “SDN Cintamekar proses rehab tahun ini, ” ujar Kadisdik singkat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini