Pasar Pusakanagara Senilai Rp.11,5 Milyar Resmi Dibuka Oleh Wakil Gubernur Jabar

92
Foto: Wagub Jabar Gunting Pita resmikan beroperasinya Pasar Pusakanagara, yang dibangun dengan biaya 11,5 Milyar / Foto : AHYA NURDIN / Patimbannews.com

SUBANG – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meresmikan Pasar Pusakanagara dari program revitalisasi di Kabupaten Subang,Sabtu (29/1/2022). Revitalisasi tersebut bersumber dari dana bantuan keuangan Provinsi Jawa Barat tahun anggaran 2021 sebesar Rp11,5 miliar.

Pasar Pusakanagara dibangun dengan jumlah Kios sebanyak 146 unit, dan 72 unit Los, terdapat juga ruang Kesehatan, kantor, MCK dan fasilitas penunjang lainnya. Pembangunan pasar Pusakanagara ini juga bertujuan untuk mendukung keberadaan Pelabuhan Internasional Patimban.

Uu Ruzhanul Ulum pada kesempatan itu dalam sambutannya menyebutkan, bahwa pembangunan infrastruktur perdagangan merupakan salah satu prioritas Pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat, yang diharapkan memiliki fungsi dan peran strategis dalam meningkatkan transaksi jual beli di daerah.

Menurut Uu, Pemerinyah Provinsi Jabar juga tetap mempertahankan keberadaan pasar tradisional sebagai upaya memulihkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Apalagi perekonomian sempat terpuruk akibat pandemi COVID-19.

“Pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat mempunyai tanggung jawab meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Ada tiga hal yang diperkuat, yakni struktur, suprastruktur, dan infrastruktur. Sehingga melalui kebijakan ekonomi terus didongkrak, termasuk di antaranya merevitalisasi pasar- pasar di Jabar,” tutur Uu.

Uu menegaskan pula, setelah dilakukan pengembangan infrastruktur di Pasar Pusakanagara langkah selanjutnya yang penting adalah pengelolaan pasar, sehingga bisa meningkatkan kualitas pasar yang pada akhirnya akan menguntungkan pedagang.

“Pak Gubernur (Ridwan Kamil) ingin ekonomi meningkat. Maka harapan kami dengan revitalisasi pasar ini mampu mendorong perekonomian, serta meningkatkan daya beli masyarakat,” kata Uu.

“Keinginan kami terjadi pemerataan ekonomi, ada unsur keadilan ekonomi. Jangan sampai ekonomi meningkat hanya dinikmati oleh kelompok tertentu saja,” sambungnya.

Kepada para pedagang, Uu menitip pesan supaya menjaga mutu dan kualitas barang yang diperdagangkan. Selain itu, ia juga mengajak warga di sekitar pasar menjaga fasilitas pasar.

Tak hanya itu, Uu menyampaikan pula akan mendorong pasar untuk memiliki SNI agar pasar tradisional mempunyai standarisasi. Dengan demikian pasar tradisional semakin berdaya saing dan dilirik oleh konsumen.

“Saya mendorong pasar ini mempunyai kualitas SNI (Standar Nasional Indonesia),” ucap Uu.

UU juga meminta kepada para pedagang silahkan bersaing dengan keberadaan pasar modern kita tak ingin pasar tradisional tergeser oleh pasar modern

” Silahkan para pedagang bersaing dengan pasar modern, tingkatkan kualitas barang dagangan, dan jaga kebersihan pasar” pungkasnya

Peresmian pasar Pusakanagara selain dihadiri Wakil Gubernur Jabar UU Ruzhanul Ulunm juga turut dihadiri oleh Sekda Subang Asep Nuroni, Kapolres Subang AKBP Sumarni, Ketua DPRD Subang Narca Sukanda, Kadishub Dikdik Solihin, Dandim 0605/Subang Letkol CZi Irsyad Wilyarto, Kapala DKUPP Jabar M.Arifin Soejayana, Kepala DKUPP Subang H.Yayat Sudrajat, dan Kabid Pasar DKUPP Subang Jaenudin, serta Muspika Pusakanagara dan Pusakajaya

Ahya Nurdin

Bagikan: