Beranda Daerah Perkuat Pendidikan Agama & Akhlak, FKDT Diminta Fokus Pada Penataan Kurikulum &...

Perkuat Pendidikan Agama & Akhlak, FKDT Diminta Fokus Pada Penataan Kurikulum & Optimalisasi Peran Guru

292
0

SUBANG – Diniyah Takmiliyah adalah Lembaga Pendidikan Islam yang secara signifikan ikut andil dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Sesuai dengan namanya, Diniyah Takmiliyah mengambil peran sebagai lembaga pendidikan yang berupaya untuk melengkapi materi pendidikan agama Islam yang dirasa kurang pada sekolah-sekolah umum.

Hal tersebut dikatakan oleh Plt.Kabid PD Pontren Kanwil Kemenag Jawa Barat Dr.H.Muhamad Athoillah,M.Ag di sela-sela menghadiri Rakorwil II DPW FKDT Jabar di Hotel Puspasari Ciater Subang, Sabtu(8/8/2020)

Menurut nya, berdasarkan perannya, Diniyah Takmiliyah dikenal sebagai lembaga yang mampu memperkuat serta memperkaya pendidikan Agama Islam bagi usia sekolah (7-15 tahun) sehingga anak didik pada kategori usia emas ini memperoleh bekal pengetahuan, sikap serta pemahaman yang memadai terhadap nilai-nilai dasar ajaran Islam.

“Hanya sayangnya, peran DT yang begitu mulia tersebut tidak didukung dengan sarana prasarana, tenaga pendidik, kurikulum, dan sistem manajemen pengelolaannya sangat sederhana, kalau tidak dikatakan sangat kurang memadai. Kenyataan tersebut tentunya harus menjadi fokus perhatian kita” kata M.Athoillah

Dikatakan Athoillah, Ada dua hal penting yang harus diprioritaskan dalam dunia pendidikan dilingkungan Diniyah saat ini, yaitu penataan kurikulum dan optimalisasi peran guru dalam proses pembelajaran. Hal ini bukan berarti bahwa aspek lain ( seperti sarana prasarana, dan yang lainnya ) tidak penting. Hanya, menurut hemat saya, fokus terhadap penataan kurikulum dan optimalisasi peran guru dalam proses pembelajaran adalah langkah rasional yang bisa kita lakukan dan mendesak untuk dikedepankan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan DT, sementara yang lainnya bisa dibenahi sambil jalan.

Madrasah Diniyah Takmiliyah, menurut dia, adalah pendidikan nonformal, tapi tidak dapat dipisahkan dengan undang-undang pendidikan.

Ia menilai, masyarakat cukup antusias kepada pendidikan keagamaan, terbukti dengan Diniyah Takmiliyah terus berkembang. Karenanya ia beberpesan supaya FKDT Jabar kedepan bisa bekerja keras lagi dalam meningkatkan mutu pendidikan karakter dan keagamaan bagi anak-anak kita

“Melalui pendidikan Madrasah DT, kita berharap anak anak lebih memperkuat pendidikan agama ketimbang main main. Sehingga orang tua dapat terbantu mengarahkan anak” tambah Athoillah

Plt.PD Pontren Kanwil Kmenag Jabar Athoillah juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada para pengasuh, pembimbing, pendidik madrasah diniyah dan FKDT atas kerja keras dan kerjasamanya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, menanamkan pondasi keimanan dan ketaqwaan melalui pendidikan di madrasah masing-masing.

“Insya Allah, selama kita ikhlas mengajar, ikhlas mengabdikan diri mendidik agama generasi kita, Allah akan memberkahi kehidupan kita. Saya mohon semua ustad ustadah bisa terus istiqomah mengabdikan dirinya menjadi pendidik dan pengajar di madrasah diniyah,” pungkasnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini