Beranda Daerah Saung Luhur! Desa Wisata Baru di Subang Berbasis Desa Digital

Saung Luhur! Desa Wisata Baru di Subang Berbasis Desa Digital

728
0
Obyek Wisata Saung Luhur Desa Sukahurip Kec.Cijambe, Obyek wisata Baru di Subang Yang Menawarkan Pemandangan Perbukitan Hutan Kayu Putih

SUBANG Keberadaan Objek Wisata Saung Luhur/Pasir Luhur di Desa Sukahurip Cijambe Subang Jawa Barat merupakan perpaduan harmonis “Dedi – Dewi”.

Hal tersebut dikatakan oleh Direktur Layanan Telekomunikasi Bakti Kominfo, Dhia Anugrah Febriansa, maksudnya “Dedi-Dewi” ialah akronim dari Desa Digital (Dedi) dan Desa Wisata (Dewi).

“Keduanya berpadu di sini (Objek Wisata Saung Luhur) menjadi bagian realisasi janji-janji kampanye Presiden Joko Widodo,” ujarnya saat peresmian Objek Wisata Saung Luhur, Sabtu (15/8/2020).

Kata Dhia, “Dedi-Dewi” adalah upaya menyelesaikan masalah dengan menggunakan internet desa. Untuk di lokasi wisata Saung Luhur, merupakan kolaborasi yang internet yang menunjang pada pariwisata.

Kehadiran Desa Digital di Subang merupakan hasil kolaborasi antara Bumadesama Prakarsa Galuh, Bakti Kominfo dan SmartConnect. Peresmian penggunaan internet Desa Digital ditandai dengan pengenaan seragam Pandu Digital kepada Kepala Dinas Kominfo Sumarna, Kepala Dinas Pemdes Nana Mulyana dan Kepala Desa Sukahurip Denny SP.

Selain itu, peresmian diisi dengan lomba gazebo yang diikuti 11 peserta terdriri dari 8 RW dan 3 dusun yang diwakili Karang Taruna Desa Sukahurip.

Menurut Kepala Desa Sukahurip, Denny Syetiawan kehadiran Desa Digital di desanya bisa membantu percepatan pembangunan di desa yang dipimpinnya. Oleh karen itu dirinya sangat berterima kasih kepada pemerintah termasuk pihak-pihak yang terlibat – yaitu Bumadesma Prakarsa Galuh, Bakti Kominfo dan SmartConnect.

“Khususnya kepada masyarakat Sukahurip saya menitip supaya memanfaatkan internet dengan sebaik-baiknya. Kami berterima kasih kepada Pandu Digital yang menjadi pembimbing dalam pemanfaatan digital di desanya,” ujarnya dalam sambutan.

Pandu Digital adalah personil yang dibimbing Dirjen Aptika untuk pendampingan kepada masyarakat dalam memanfaatkan internet di Desa Digital. Dirjen Aptika telah memberikan pelatihan kepada 100 orang hasil penjaringan dari 500 orang.

Saung Luhur memiliki potensi dengan pemandangan yang bagus. Nyaris bisa melihat semua pemandangan Kota Subang dan Cibogo dengan jelas. Bahkan disaat cuaca cerah wisatawan bisa menikmati matahari terbit dan matahari terbanam dengan views perbukitan.

Kelebihan ini menghasilkan spot yang instragramable. Dengan kehadiran jaringan internet Desa Digital menjadi pendukung pada pariwisata.
Keberadaan Saung yang dilombakan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk tempat menikmati suasana. 11 saung tersebar di beberapa lokasi yang menjadi modal pariwisata Saung Luhur hasil dari gotong royong warga Desa Sukahurip.

Penggunaan internet ini sangat diapresiasi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk itu dengan masuknya internet ke desa bisa mengisi kekosongan jaringan digital sampai ke desa. Terlebih ditengah pandemi sekarang jaringan internet menjadi kebutuhan untuk kegiatan di rumah seperti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) oleh siswa dan kepentingan perekonomian warga.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini