Tak ada Warganya B-A-B Sembarangan Lagi, Subang Raih Penghargaan Dari Gubernur Jabar

58
Foto: Wakil Bupati Subang Agus Maskur Rosyadi Menerima Penghargaan Sebagai daerah bebas BAB Sembarangan dari Gubernur Jabar./ FOTO : AHYA NURDIN

 

SUBANG-Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi menerima Piala dan Piagam penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai Kabupaten yang sudah Open Defecation Free (ODF) atau Kota/kabupaten yang terbebas dari Buang Air Besar Sembarangan (BABS) tingkat Propinsi Jawa Barat tahun 2021.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum di aula Gedung Sate Bandung pada acara Gebyar Hari Kesehatan Nasional ke-57 tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2021. Jum’at (26/11/21).

Tema yang diusung pada peringatan hari kesehatan nasional tahun 2021 adalah “Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku” serta “Jabar Juaraku”. Tema tersebut dipilih seiring dengan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh komponen masyarakat indonesia untuk bahu membahu dan bergotong-royong dalam menyelesaikan pandemi covid-19.

Ketua pelaksana kegiatan yang merupakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dr. R. Nina Susana Dewi melaporkan bahwa pada kegiatan Gebyar Hari Kesehatan Nasional ke-57 tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2021, diberikan berbagai penghargaan kepada Kabupaten/Kota di Jawa Barat dengan kategori penghargaan Kabupaten/Kota ODF, penghargaan nakes teladan, penghargaan pos upaya kesehatan kerja terbaik dan penghargaan perusahaan yang berkomitmen pada program gerakan pekerjaan wanita sehat produktif (GP2SP).

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam rangka hari kesehatan ini menjadi momentum untuk hidup lebih sehat dan kuat, baik rohani maupun jasmani.

Selain itu, Wagub juga menyampaikan bahwa Pemerintah Jawa barat menyimpan prioritas pembangunan diantaranya dalam bidang kesehatan, karena kesehatan merupakan unsur dominan dan penting dalam suksesnya pembangunan.

Kang Uu juga menyampaikan bahwa Kebersihan merupakan factor utama kesehatan dan kebersihan sebagian dari iman, maka lahirlah pola hidup bersih dan sehat (PHBS) yang sudah digembor-gemborkan dari awal. Karena kesehatan berkah dan nikmat dari Allah dan harus disyukuri.

“Tolong edukasi masyarakat pentingnya hidup sehat dengan memberikan dengan 2 cara yaitu keagamaan dan cara berdasarkan kesehatan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat dengan memberikan pendidikan secara teologi dan teori.” Ujarnya.

Wakil Bupati Subang Agus Masykur sangat bangga dan berterima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Subang beserta jajaran juga kepada stakeholder/lembaga yang terlibat dalam memperjuangkan Subang terbebas dari Open Defecation Free (ODF) atau Buang Air Besar Sembarangan (BABS) sehingga Subang hari ini mendapatkan penghargaan terbebas dari ODF setelah sekitar 12 tahun berjuang untuk bebas ODF tersebut.

“Tentu pencapaian prestasi ini merupakan hasil dari kerja keras yang luar biasa, seluruh jajaran lembaga, Muspida dan Dinas kesehatan serta stakeholder lainnya bersinergi dengan pemerintah, dan mudah-mudahan prestasi tersebut bisa untuk mempertahankan kedepannya untuk Subang yang lebih baik hingga tercapai Subang Jawara (Jaya, Istimewa, Sejahtera).” Ujar Kang Akur.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Subang dr. Maxi, Sekda Jawa Barat, para Staf ahli, para Asda, perwakilan Forkopimda Jawa Barat, Bupati Sukabumi, Plt. Bupati Bandung Barat, para kepala OPD Provinsi Jawa Barat, perwakilan perbankan, para ketua organisasi profesi dan pimpinan perguruan tinggi.

AHYA NURDIN | Patimbannews.com

Bagikan: