Beranda Daerah Terdampak Covid-19, Petani Tambak di Desa Tanjung Tiga Blanakan Butuh Bantuan Modal...

Terdampak Covid-19, Petani Tambak di Desa Tanjung Tiga Blanakan Butuh Bantuan Modal & Sapras

417
0
Suasana di Pelelangan ikan KUD Mandiri Mina Tambak Jaya Desa Tanjung Tiga Kec.Blanakan

 

BLANAKAN – Kecamatan Blanakan adalah salah satu wilayah di Kabupaten Subang yang masuk dalam wilayah pantai utara pulau jawa.

Blanakan, mempunyai beberapa potensi diantaranya pertanian, perikanan baik laut maupun tambak dan pariwisata.

Desa Tanjung Tiga mempunyai 9 dusun, merupakan salah satu wilayah Kecamatan Blanakan ,selain mempunyai potensi pertanian, desa ini juga mempunyai potensi tambak.

Hasil tambak di Desa Tanjung Tiga diantara ikan bandeng, udang windu,
mujaer nila dan udang paname.

Sebanyak 300 petani tambak adalah anggota Koperasi Mandiri Mina Tambak Jaya yang berdiri sejak tahun 1980.

“Selain hasil tambak ada juga ikan alam udang alam bukan budidaya yang menjadi komoditas di Koperasi Mandiri Mina Tambak Jaya,” jelas Ade Ahmad Supendi Sekretaris Koperasi Mandiri Mina Tambak Jaya. (23/09/2020)

Seperti bidang usaha yang lain, usaha tambak di Desa Tanjung Tiga juga terdampak juga dalam masa pandemi Covid 19.

“Karena pengiriman hasil tambak yang ke Surabaya dan Bali untuk sementara ditutup maka terpaksa kami jual ke daerah lain atau pedagang lokal yang harga jualnya lebih murah,” ungkap Ade.

Koperasi Mandiri Mina Tambak Jaya yang mempunyai omset rata-rata perhari kurang lebih 20 juta masih mempunyai beberapa kendala perkembangannya.

“Kendala kami diantaranya sarana dan prasarana seperti jalan, jembatan dan saluran air untuk pembuangan air dari tambak,” keluh Doni (27) salah satu petani tambak anggota Koperasi Mandiri Mina Tambak Jaya.

Para anggota dan pengurus Koperasi Mandiri Mina Tambak Jaya Desa Tanjung Tiga berharap selain dipermudah dalam proses pengajuan permodalan, juga agar pemerintah daerah segera memperbaiki sarana dan prasarana yang dibutuhkan agar para petani tambak di Desa Tanjung Tiga bisa berkembang dan lebih maju. (Nanang Suparman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini