Beranda Daerah UPT BKMM Cikampek Gelar Operasi Katarak Gratis Bagi 50 Warga Pusakanagara

UPT BKMM Cikampek Gelar Operasi Katarak Gratis Bagi 50 Warga Pusakanagara

221
0

 

PUSAKANAGARA,Patimbannews.com –  Kementrian  Kesehatan melalui UPT Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM), CIkampek, Karawang menggelar operasi Katarak Gratis yang diikuti oleh 50 orang penderita katarak yang mayoritas merupakan warga lansia. Kegiatan ini turut didukung oleh 17 Puskesmas di Wilayah Utara Kab. Subang yang dipusatkan di Puskesmas Pusakanagara Rabu (14/8).

Kabid P2PL Dinas Kesehatan Kab. Suban dr Maxi menuturkan, kegiatan ini secara langsung merupakan bantuan dari Kementrian Kesehatan melalui BKMM CIkampek. Sebab, untuk Dinkes Subang sendiri, telah melaksanakan operasi katarak yang didanai dari APBD Juni lalu di Puskesmas Sukarahyu.

“Ini program dari BKMM. Jadi, melaksanakan pelatihan terlebih dahulu baru kemudian realisasi tindakan dilapangan,” ucapnya.

dr Maxi menambahkan, pada pelaksanaan operasi katarak di Puskesmas Pusakanagara dilaksanakan pada 50 orang penderita katarak. Meskipun yang datang ada sebanyak 79 orang.

” Ada 29 yang ditunda dan diprioritaskan untuk pelaksanaan operasi katarak selanjutnya dari bantuan apapun,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Pusakanagara Dra Hj Ela Nurlela MSi yang mewakili Bupati Subang H. RUhimta bersama Muspika Kec. Pusakanagara turut meninjau pelaksanaan operasi katarak. Camat Dra Hj Ela mengapresiasi kegiatan tersebut karena membantu banyak warga penderita katarak di wilayah Pantura.

“Saya sangat apresiasi ini, saya juga ucapkan terimakasih karena telah membantu warga disini, termasuk juga warga Pusakanagara,” ucapnya.

Sementara itu, peserta operasi Katarak  salah H. Aja (69) dari Desa Mundusari mengaku senang dengan adanya operasi katarak tersebut. Menurutnya, hal itu sangat membantu banyak orang termasuk dirinya juga rekan yang lain yang sudah lanjut usia.

“Saya sudah 3 tahun, pernah juga di operasi tapi baru satu, satu lagi belum. Semoga setelah ini bisa kembali normal,” ujarnya.

Camat Hj Ela bersama Muspika Kec. Pusakanagara, dr Maxi dan Dokter dari UPT BKMM turut melihat pelaksanaan operasi katarak disalah satu ruangan Puskesmas Pusakanagara.

Ahya Nurdin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini