Beranda Daerah Wow! 430 Penari se-Jabar Banten Unjuk Kabisa di Ajang Pasanggiri Jaipong Seri...

Wow! 430 Penari se-Jabar Banten Unjuk Kabisa di Ajang Pasanggiri Jaipong Seri III LAK Galuh Pakuan Subang

187
0

SUBANG – Sebanyak 430 penari dari 26 sanggar tari mengikuti Pasanggiri Jaipong III Tingkat Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Lembaga Adat (LAK) Galuh Pakuan. Peserta berasal dari 9 sembilan kabupaten/kota di Jawa Barat yaitu Kabupaten Bogor, Karawang, Bekasi, Purwakarta, Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Subang dan perwakilan Provinsi Banten.

Dikatakan Raja LAK Galuh Pakuan, Rahiyang Mandalajati Evi Silviadi kegiatan ini sebagai bukti LAK Galuh Pakuan konsisten untuk melestarikan dan menghidupkan tradisi Sunda. “Dari Pasanggiri I dan II tingkat Kabupaten Subang, sekarang di Pasanggiri Ketiga dilaksanakan tingkat Jawa Barat. Untuk selanjutnya semoga bisa meningkat menjadi Tingkat Nasional,” ujarnya pada saat membuka secara resmi Pasanggiri Jaipong di Aula Pemda Kabupaten Subang, Sabtu (21/9/2019).

Evi berharap dengan adanya Pasanggiri bisa memberikan semangat kepada pihak-pihak yang memiliki semangat yang sama dalam membina kelestarian budaya Sunda.

Pelaksanaan Pasanggiri didukung oleh Kantor Staf Presiden (KSP) sebagai apresiasi kepada masyarakat yang masih peduli dan bersedia memelihara kelestarian seni dan budaya tradisonal. Para peserta memperebutkan hadiah uang tunai sebagai dana pembinaan sebesar 75 juta rupiah.

Staf Kepresidenan Bidang Komunikasi Politik KSP, Ariani Djalal berterima kasih banyak kepada panitia yang telah bekerja penuh dedikasi sehingga kegiatan Pasanggiri terlaksana. “Semoga Pasanggiri ini terus berlanjut kepada seri-seri berikutnya,” ungkapnya.

Pelaksanaan Pasanggiri akan berlangsung selama 2 hari, 21 – 22 September 2019.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini