Jelang Pilkades Serentak! Cakades Bongas & Rancahilir Kec. Pamanukan Gelar Deklarasi Damai

0
30
Foto : Foto Bersama Muspika Pamanukan dengan Para Calon Kades, usai Acara Deklarasi Damai Pilkades/ FOTO : AHYA NURDIN

SUBANG – Jelang pemilihan kepala desa (pilkades) serentak se- Kabupaten Subang tahun 2021, seluruh calon kepala desa di wilayah Kecamatan Pamanukan menyatakan dan menandatangani ikrar dekalarasi damai. Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Pamanukan dihadiri Muspika Pamanukan.Kamis (2/12/2021).

Kegiatan deklarasi damai Pilkades Serentak juga dilaksanakan secara serentak di Kabupaten Subang yang dipimpin langsung oleh Bupati Subang bersama unsur Forkopimda secara Virtual di Aula Mapolres Subang dan di ikuti oleh 58 desa di 25 kecamatan yang menggelar Pilkades Serentak 19 Desember 2021 mendatang.

Pilkades serentak dijadwalkan berlangsung 19 Desember 2021. Sementara Kampaye akan dilaksanakan pada 13-16 Desember 2021. Di Kecamatan Pamanukan terdapat 2 Desa yang menggelar Pilkades Serentak yakni desa Bongas di ikuti No. 1.Bushari No. 2 Suhali. Sementara Desa Rancahilir di Ikuti No. 1. Burhanudin, 2. H.Mamat Rahmat, 3. H.Sobirin

Kapolsek Pamanukan Kompol H. Undang Sudrajat, di kesempatan itu mengimbau seluruh cakades untuk bersaing secara sehat untuk mewujudkan pemilihan yang damai, jujur, bebas, adil dan rahasia.

“Mari memupuk jiwa sportivitas sehingga pilkades di wilayah hukum Polsek Pamanukan berjalan aman, tertib, dan lancar,” pesan Kapolsek Pamanukan Kompol H.Undang Sudrajat.

Ia juga menegaskan, deklarasi damai bukan sebatas acara seremonial, tapi untuk menunjukkan komitmen para calon dan seluruh pihak yang terlibat.

“Keberhasilan penyelenggaraan pilkades sangat ditentukan kerja sama dan koordinasi seluruh pihak, baik calon kepala desa, panitia, pengamanan. Mari jaga pelaksanaan pilkades yang baik sesuai aturan yang ada,” lontarnya.

Imbauan senada disampaikan oleh Camat Pamanukan Muhamad Solih. Ia mengingatkan cakades dan seluruh pihak untuk mengikuti pilkades dengan baik dan sportif.

“Jangan ada upaya memberi informasi hoaks yang berpotensi menimbulkan gesekan dan memecah belah,” katanya.

Camat juga mengatakan, Pilkades bertujuan melahirkan kades amanah. Insya Allah pilkadesnya yang baik dan jujur akan menghasilkan pemimpin yang amanah.

“Untuk itu tegakkan aturan, hindari politik uang dan cara-cara yang tidak benar,” lontar Camat

Ia juga berharap para cakades untuk siap menang dan kalah. “Menang kalah legowo, bila ada permasalahan, koordinasikan dengan pihak terkait. Jangan ada kejadian yang menimbulkan kerawanan kamtibmas,” tandasnya.

Disampaikannya pula, berhubung kondisi pandemi covid-19 belum berakhir, pelaksanaan pilkades harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat

” Prokes harus tetap dilaksanakan, apalagi sekarang Covid gelombang 3 mulai kembali mewabah dibeberapa negara Eropa dan Afrika. Untuk itu tetap tegakan disiplin Prokes agar Pilkades tidak terjadi klaster Covid” pungkasnya

Dalam deklarasi damai Pilkades Serentak tersebut, seluruh calon kepala desa yang akan bertarung menandatangi fakta integritas untuk menjaga dan mendukung Pelaksanaan Pilkades damai, dan Kondusif***

 

 

AHYA NURDIN | Patimbannews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here