Kasus Covid-19 Meningkat! Lanud Suryadarma Siapkan Ruang Isolasi Untuk Warga Subang Terpapar Covid-19

0
200
Kadinkes Subang dr. Maxi didampingi Kepala RSAU dr. Hoediyono Mayor Kes dr. Indria Sari, SP.B., MPH., saat mengecek tempat ruang isolasi di Rumah sakit lama Lanud Suryadarma

Lanud Suryadarma Siapkan Tempat Isolasi Pasien Covid-19 untuk Warga Subang.

SUBANG – Pangkalan TNI Angkatan Udara Suryadarma bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dan jajaran Satuan Tugas Pencegahan Covid-19 di Kabupaten Subang terus melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan menyiapkan penambahan ruang – ruang isolasi bagi pasien Covid-19 sebagai langkah antisipasi.

Terkait dengan lonjakan kasus penyakit akibat Covid-19 yang terus melanda dan ketersedian ruang isolasi di rumah sakit daerah maupun rumah sakit rujukan di wilayah Kab. Subang yang sudah penuh, maka pada kesempatan ini Lanud Suryadarma akan menyiapkan alternatif terakhir untuk gedung isolasi pasien Covid-19, yaitu di bekas Rumah Sakit Lanud Suryadarma yang lama.

Menurut Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI Djohn Amarul, S.AB., melalui Kadisops Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Tarmuji Hadi Susanto, S.AP., M.M., M.Sc., yang juga sebagai Komandan Satgas Covid-19 di Lanud Suryadarma menerangkan bahwa dengan semakin banyaknya lonjakan pasien yang terpapar Covid-19 maka dengan ini kami dari Lanud Suryadarma akan membantu pemerintah daerah untuk menyiapkan ruang isolasi, andaikan rumah sakit daerah sudah penuh dan tidak bisa menampung lagi pasien Covid.

“Saat ini kami mulai menyiapkan sarananya, mulai dari ruangannya, sirkulasi udaranya dan yang lainnya agar bisa segera dioperasionalkan,” ungkap Kadisops saat melaksanakan penyiapkan ruang isolasi di Lanud Suryadarma, Kalijati Subang, Kamis (24/6/2021).

Kadisops juga menyapaikan bahwa ruang isolasi yang ada di Lanud Suryadarma ini adalah pilihan terakhir karena saat ini prioritas untuk ruang isolasi akan dirujuk di rumah sakit daerah yang sudah disiapkan pemerintah.

“Untuk itu kami dari Lanud Suryadarma akan selalu siap apabila rumah sakit rujukan pemeritah daerah sudah penuh dan tempat kami menjadi rujukan tempat isolasi bagi pasien covid, untuk ruangannya yang kami siapkan cukup besar, mudah – mudahan bisa membantu pasien – pasien yang masih belum mendapatkan tempat isolasi” jelas kadisops.

Sementara itu Kadinkes Kab. Subang dr. Maxi, S.H., MH.Kes., saat mengecek lokasi tempat isolasi di Lanud Suryadarma bersama timnya menyampaikan bahwa dengan semakin meningkatnya masyarakat yang terpapar covid 19 di Wilayah Subang dan mengingat rumah sakit daerah yang sudah hampir penuh dengan pasien Covid. Maka kami berusaha untuk mencari tempat yang bisa untuk menampung pasien maupun yang isolasi mandiri.

“Untuk itu kami berusaha untuk memfasilitasi para pasien yang terpapar ini kebeberapa tempat baik itu puskesmas, rumah sakit swasta maupun rumah sakit yang ada di Subang, termasuk rumah sakit yang ada di Lanud Suryadarma ini” jelas Kadinkes Subang.

Pada kesempatan itu juga dr. Maxi menyampaikan bahwa, dengan kondisi masih di tengah pandemi Covid-19 ini, kami berharap kepada masyarakat agar bisa lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk keselamatan diri kita, keluarga dan sesama.

“Untuk itu kami berharap kepada masyarakat jangan lalai terhadap protokol kesehatan, jika tidak maka keselamatan orang – orang terdekat yang kita sayangi akan terancam karena kelalaian kita terhadap protokol kesehatan,” pungkas dr. Maxi (Pen-SDM)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here