Keren! Subang Punya Gedung Laboratorium Kesehatan Daerah Yang Sangat Megah Senilai Rp. 8,6 Milyar

0
111
Foto: Gedung Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Subang / FOTO : AHYA NURDIN / Patimbannews.com

 

SUBANG – Pemerintah Kabupaten Subang kini memilik Gedung Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) yang baru selesai dibangun pada awal Desember 2021. Pembangunan Labkesda tersebut dibiayai oleh anggaran dari Kementerian Kesehatan RI sebesar Rp.8,6 Milyar.

Adapun tujuan pembangunan Labkesda tak lain untuk optimalisasi layanan kesehatan di wilayah Kabupaten Subang. Labkesda sebagai bagian integral dari pelayanan kesehatan dan laboratorium sangat dibutuhkan untuk mendukung upaya peningkatan layanan kesehatan masyarakat.

Labkesda tersebut nantinya  bisa dimanfaatkan untuk keperluan  diagnosis, pemberian pengobatan, evaluasi hasil pengobatan maupun tes kesehatan lainnya

” Alhamdulillah! Saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Subang sudah memiliki gedung Laboratorium Kesehatan Daerah atau Labkesda yang baru selesai dibangun pada awal Desember 2021 lalu” ujar Kepala UPTD Labkesda Dinkes Subang, Euis Safarina, S.Si, M.KM kepada Patimbannews.com, Selasa (28/12/2021).

Dikatakan Euis, Labkesda tersebut nantinya akan difungsikan untuk melayani kesehatan masyarakat dalam hal uji laboratorium cairan tubuh, seperti darah, urine dan uji klinis seperti uji laboratorium cairan bumi, atau makanan dan minuman.

“Sehingga masyarakat Subang yang membutuhkan uji laboratorium kesehatan tak perlu jauh-jauh, sekarang di Subang sudah tersedia” katanya

Menurut Euis, di Gedung Labkesda tersebut nantinya akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas laboratorium untuk menunjang layanan kesehatan masyarakat

“Berdasarkan Permenkes No. 1267 tahun 2014, kalau Labkesda itu diberikan kewenangan untuk memberikan pelayanan dua Laboratorium, yaitu laboratorium Klinik dan Laboratorium Kesehatan Masyarakat,” ucap Euis

Lebih lanjut, Euis Safarina menjelaskan bahwa kedua uji laboratorium yang bisa dilakukan di Labkesda Dinkes Subang, baik Laboratorium Klinik, maupun Kesehatan Masyarakat, hanya sebatas screening.

“Kita di sini sifatnya hanya melakukan screening saja, seperti misalnya ada yang keracunan makanan, Labkesda bisa melakukannya, jadi tidak harus ke Bandung. Namun untuk memastikan hasil positif atau negatifnya, kandungan apa yang menjadi penyebabnya, itu harus ke Bandung,” jelasnya.

Euis juga mengungkapkan, kedepannya Labkesda Dinkes Subang juga akan dilengkapi dengan fasilitas rontgen dan IKG.

“Jadi nanti jangkauannya akan lebih luas lagi untuk melakukan general cek up, seperti bagi para CPNS, atau kepentingan lamaran masuk TNI/Polri, termasuk untuk general cek up persyaratan daftar caleg, dan calon kepala daerah, serta calon bawaslu atau KPU,, bisa dilakukan di Labkesda Dinkes Subang” imbuh Euis.

Selain itu tambah Euis, UPTD Labkesda Dinkes ini, setelah dilengkapi berbagai fasilitas dan pelayanan, tentunya akan menghasilkan PAD yang masuk ke kas Daerah.

“Ada kemungkinan kedepannya juga UPTD Labkesda ini, akan menjadi sebuah Badan Layanan Umum Daerah (BULD), mengelola keuangan sendiri,” tandasnya.

Sementara itu Gedung Labkesda yang baru tersebut, tutur Euis, baru akan ditempati pada awal tahun 2022 nanti.

“Mudah-mudahan, di awal tahun 2022 nanti, kita sudah menempati gedung yang baru itu,” sambung Euis.

Sedangkan untuk peralatan yang belum ada kata dia, pihaknya masih berharap ada bantuan dari CSR perusahaan. Juga mengusulkan bantuan ke provinsi maupun pusat.

“Untuk kelengkapan peralatan yang masih belum ada, kita berharap ada bantuan dari CSR kalau dari APBD Kabupaten tidak mungkin, termasuk mengusulkan bantuan ke provinsi dan pusat,” pumgkasnya.

 

AHYA NURDIN | Patimbannews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here