Beranda Pantura Gantikan Imanudin, Otong Yudha Terpilih Aklamasi Jadi Ketua FK BPD Kabupaten Subang

Gantikan Imanudin, Otong Yudha Terpilih Aklamasi Jadi Ketua FK BPD Kabupaten Subang

1643
0

SUBANG – Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Subang menggelar musyawarah pergantian posisi ketua. Musyawarah tersebut dilakukan dikarenakan Ketua FK BPD Subang saudara Imanudin yang saat ini menjadi Komisioner Bawaslu Subang menyatakan mengundurkan diri.

“Saya mundur dari jabatan Ketua FK BPD Kabupaten Subang demi regenerasi organisasi dan karena saat ini saya sudah menjadi komisioner Bawaslu Subang,” ujar Imanudin

Dalam musyawarah tersebut, para peserta yang terdiri dari pengurus Forum BPD Kabupaten dan Ketua Forum BPD di tingkat kecamatan secara aklamasi memilih Sekjen FK BPD Otong Yudha untuk menjadi Ketua FK BPD Subang sisa jabatan 2017-2023.

Sementara itu, Ketua FK BPD terpilih Otong Yudha mengatakan siap untuk menjalankan tugas dan bekerjasama dengan semua stakeholder, terutama APDESI, dalam membangun komunikasi antara BPD dengan Kades dan memajukan desa dengan tidak menghilangkan marwah BPD yakni Musyawarah Mufakat.

“Intinya saya siap bekerja dan bersinergi dengan semua pihak terkait,” ucap Otong.

Otong Yudha juga mengatakan, BPD mempunyai peran yang cukup signifikan dalam proses pembangunan di desa. Terutama fungsi sebagai legilasi, verifikasi anggaran atau perencanaan dan fungsi monitoring atau pengawas.

Menurutnya meskipun fungsinya amat vital dan strategis, namun kenyataan selama ini lembaga BPD belum mendapat perhatian yang berimbang disamping pengakuan eksistensinya yang belum maksimal termasuk pengakuan terhadap hak dan kewajibannya.

Otong juga menjelaskan terbentuknya Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (FK BPD) bertujuan untuk menjadikan BPD sebagai media pembelajaran dan inkubasi kader-kader penggerak pembangunan desa”jelasnya

FK BPD menurut Otong Yudha juga merupakan wadah sangat tepat untuk membantu menjawab tantangan pembangunan yang ada di desa saat ini.

“Keberadaan forum ini dapat menjadi wadah saling bertukar pikiran sesama anggota mengenai berbagai masalah maupun upaya-upaya dalam memaksimalkan potensi yang ada di desa” ungkapnya

Ahya Nurdin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini