Beranda Pariwisata LAK Galuh Pakuan Bakal Gelar Pasanggiri Jaipong Seri III 2019

LAK Galuh Pakuan Bakal Gelar Pasanggiri Jaipong Seri III 2019

155
0

 

PATIMBANNEWS.COM | SUBANG – Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan dalam waktu dekat segera menggelar Pasanggiri Jaipongan tingkat Provinsi Jawa Barat Seri III berhadiah pembinaan total Rp 75 juta. Hadiah tersebut memecahkan rekor hadiah pasanggiri Galuh Pakuan Seri II sebelumnya dengan total Rp 50 juta.

Ketua Panitia Pasanggiri Jaipongan Seri III LAK Galuh Pakuan Tingkat Provinsi Jawa Barat, Indung Budak Ratu Galuh Pakuan Noviyanti Silviadi mengungkapkan bahwa Galuh Pakuan dengan pasanggiri ini sebagai upaya menggemakan, sekaligus melestarikan tarian Sunda sebagai salah satu tradisi kebudayaan daerah oleh Galuh Pakuan.

“LAK Galuh Pakuan sebagai bagian dari elemen masyarakat yang fokus pada pembinaan dan pemberdayaan seni budaya, sebagai tugas mulia dalam melestarikan dan mewariskan secara turun temurun kekayaan budaya Bangsa Indonesia, khususnya Sunda. Maka dari itu, untuk merangsang para penari muda Sunda untuk berprestasi harus dihelat pasanggiri secara berkala dan berjenjang, serta continu,” ujar Novi kepada wartawan di Subang, Senin (05/08/2019).

Novi menyatakan, pasanggiri jaipongan yang dijadualkan digelar pada 21-22 September 2019 mendatang, akan memperebutkan piala bergengsi dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI, Piala Bupati Subang dan Piala LAK Galuh Pakuan.

“Kami menyelenggarakan pasanggiri ini didukung penuh oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI dan Bupati Subang H Ruhimat. Ini bentuk sinergitas antara Galuh Pakuan dan pemerintah pusat, dan daerah dalam menghidupkan kearifan lokal, khususnya seni dan budaya Sunda,” imbuhnya.

Kategori yang diperlombakan di Pasanggiro Jaipongan Seri III LAK Galuh Pakuan Tingkat Jabar nanti yakni, Tunggal Anak kategori A SD kelas 1-3, kategori B SD 4-6, tunggal remaja (SMP dan SMA) dan rampak kategori anak dan remaja.

“Pada saat pasanggiri dilaksanakan insya Allah akan dihadiri langsung oleh Dirjen Kebudayaan Bapak Hilmar Farid dan tentunya Bupati Subang,” pungkas Noviyanti.

 

Redaksi | Wahyu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini