Presiden Jokowi Berikan Arahan Kepada Bupati/Walikota Se-Jabar

0
0

SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat bersama 27 kepala daerah se-Jawa Barat menghadiri secara langsung pengarahan dari Presiden RI Joko Widodo terkait program percepatan penanganan Covid-19 yang diselenggarakan di pendopo Purba Wisesa, Kabupaten Kuningan. Selasa (31/8/2021).

Selain itu, Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi didampingi Dandim 0605 Subang, Letkol (Czi) Irsad Wilyarto,  S.IP., Kapolres Subang AKBP Sumarni, S.I.K, S.H, MH, perwakilan dari Kajari Subang dan perwakilan dari DPRD, menghadiri acara secara virtual di Ruang Rapat Segitiga Rumah Dinas Bupati.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, turut memaparkan laporan terkait penanganan Covid-19 di Jawa Barat. Dalam laporannya tersebut dipaparkan bahwa angka Bed Occupancy Rate (BOR) di Jawa Barat mengalami penurunan menjajdi 16,9%, dimana angka tersebut merupakan angka terendah dalam sejarah BOR di Jawa Barat. Selanjutnya tingkat kematian di Jawa Barat berada di bawah rata-rata nasional yakni sebesar 1,9%. Sementara itu, untuk kasus aktif sebesar 3,28% atau sekitar 22.000 pasien aktif dan mayoritas 70% nya berada di Isolasi Terpusat (Isoter). Sebagai upaya meningkatkan kesembuhan dan mengurangi kematian pemerintah Provinsi Jawa Barat juga telah melakukan program pengiriman obat gratis untuk pasien covid-19.

Kemudian dari status PPKM, mayoritas Kota/Kabupaten di Jawa Barat sudah memasuki level 3 dan beberapa sudah masuk ke level 2. Kedisplinan juga terjaga dengan baik berkat tugas TNI/POLRI dan Satpol PP yang terus memonitor pada ruang-ruang publik melalui aplikasi.

Ridwan Kamil menyampaikan, bahwa Jawa Barat perlahan sudah mulai bangkit dari situasi darurat covid-19 dan saat ini tengah berfokus untuk menyelesaikan Program vaksinasi. Penyelenggaraan Kegiatan vaksinasi sendiri terbagi menjadi tiga pihak meliputi Pemerintah Daerah, TNI/POLRI serta pihak ketiga.

Lebih lanjut Ridwan Kamil menambahkan bahwa Jawa Barat saat ini baru mendapatkan total 16 juta dosis, sedangkan jumlah penduduk jawa barat sebanyak 50 juta penduduk, sehingga Pemprov Jabar membutuhkan sekitar 15 juta dosis vaksin per bulan untuk bisa menyelesaikan vaksinasi di akhir tahun ini.

Sementara itu dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodo memberikan apresiasi kepada Gubernur Jawa Barat beserta jajaran TNI/POLRI dan seluruh stakeholder, atas kerja keras yang telah dilakukan sehingga mampu membawa Jawa Barat pada situasi perbaikan status PPKM menjadi level 3 dan level 2.

Walaupun demikian Presiden memerintahkan kepada Pemerintah Jawa Barat untuk tidak hilangkan kewaspadaan dan tetap berhati-hati.

“Perbaikan situasi covid-19 yang kita miliki saat ini  harus tetap kita sikapi dengan penuh kewaspadaan,” ujar Presiden RI.

Lebih lanjut, Presiden berpesan khususnya kepada pemerintah Jawa Barat untuk menerapkan Isolasi Terpusat (Isoter) bagi yang terpapar, agar mendapatkan perawatan lebih maksimal, kemudian lakukan percepatan vaksinasi dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

AHYA NURDIN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here