Pupuk Kujang Gandeng Puluhan Petani Sang Hyang Seri Untuk Kembangkan Program Agrosol Dengan Anggaran Rp. 3,1 Milyar

0
70

Subang – PT Pupuk Kujang Cikampek bersinergi dengan PT Sang Hyang Seri (SHS) dan BNI 46 (Persero) dalam program Agro Solution di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Dalam kesempatan kali ini, sebanyak 87 petani mitra Sang Hyang Seri mengikuti program Agro Solution tersebut. Dana bantuan yang dikucurkan mencapai lebih dari Rp 3,1 miliar.

“Mudah-mudahan program Agro Solution ini menguntungkan semua pihak terkait. Kesuksesan program ini tak lepas dari sinergi BUMN yang kompak dan saling menguatkan. Terima kasih kepada SHS dan BNI. Semuanya demi petani Indonesia dan kemajuan pangan negara kita,” kata Dirut Pupuk Kujang, Maryadi dalam sambutannya saat akad kredit penyaluran KUR BNI 46 kepada petani mitra Sang Hyang Sri peserta Agro Solution, Kamis (26/8/2021).

Rencananya, 87 petani tersebut akan menggarap 250 hektare sawah di sana. Maryadi menuturkan, para petani itu akan dimanjakan dengan berbagai kemudahan dalam setiap tahapan budidaya hingga pasca panen.

Sebelum mulai menanam, ujar Maryadi, petani akan diberi suntikan dana KUR dari BNI sehingga tidak perlu kesulitan mencari modal tanam. Sedangkan bagi BNI, program Agro Solution yang mengkoordinir petani nasabah, membuat penyaluran kredit lebih efisien dan efektif.

Begitupun bagi petani. Saat mulai menggarap lahan, petani akan didampingi secara intensif oleh agronom-agronom handal Pupuk Kujang. Mereka akan membantu petani mengatasi berbagai kendala dalam budidaya. Sehingga memperoleh hasil panen yang optimal.

“Adapun bagi off taker atau pembeli, program ini memudahkan ketersediaan komoditas pangan dengan jumlah banyak dan kualitasnya baik. Sebab, program Agro Solution terbukti menghasilkan produk pangan berkualitas,” kata Maryadi.

Hal itu bisa dilihat dari kesuksesan program serupa pada tahun 2020. Saat itu, program tersebut dinamai Corporate Farming. Diterapkan di 1000 hektare lahan Sang Hyang Seri, program itu terbukti meningkatkan hasil panen hingga 30 persen lebih.

Ada tiga varietas padi yang ditanam di sana. Jenis Mekongga misalnya, jika biasanya hasil panen 5,5 ton perhektare, dalam program itu, hasil panen meningkat hingga 8,12 ton per hektare. Begitupun untuk varietas Ciherang dan Inpari. Program itu meningkatkan panen dari rata-rata 5,5 ton menjadi 8,4 ton per hektare.

Hingga saat ini, Pupuk Kujang telah melaksanakan program Agro Solution di lahan seluas 8.294 hektare. Tersebar di berbagai wilayah Jawa Barat dan Banten. Beragam komoditas pangan, holtikultura dan perkebunan telah sukses dibudidayakan dengan baik.

Tahun 2021 ini, Pupuk Kujang menargetkan Agro Solution dijalankan di lahan seluas 10 ribu hektare. Tidak menutup kemungkinan, Pupuk Kujang akan memperluas jangkauan program Agro Solution hingga ke provinsi lain.

“Kami harap, program Agro Solution ini bisa membuat petani lebih sejahtera dan berdaulat. Sehingga sektor pangan negara kita semakin kuat,” pungkas Maryadi. (hl/KP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here