Keren! Polisi di Subang Olah Limbah Kayu Jadi Kerajinan Tangan Hingga Laku di Pasar Internasional

4
Foto : Kapolres Subang AKBP Sumarni, mengunjungi Galeri Manggala Jati Diri/ Ahya Nurdin

SUBANG – Seorang Anggota Polisi dari Jajaran Polres Subang berhasil mengolah limbah kayu menjadi kerajinan (Handicraft) yang unik dan menarik. Bahkan hasil kerajinan anggota Polisi yang bertugas di Polsek Binong tersebut mampu dipasarkan hingga luar negeri.

Adapun sosok polisi yang berhasil mengolah limbah kayu tersebut adalah Aiptu Muhamad Komarudin Nur, yang bertugas sebagai anggota Bimas di Polsek Binong Kec.Binong Kab.Subang.

Aiptu Moh Komarudin Nur, kepada awak media mengungkapkan bahwa Kerajinan tangan yang dibuatnya adalah seni ukir solder yang menghasilkan beberapa macam jenis kerajinan tangan.

” Kerajinan tangan yang saya buat diantaranya patung harimau, kura-kura, wayang golek, bebek atau angsa dan aneka jenis binatang lainnya, serta gagang beserta sarung golok atau kujang,” ujar Muhammad Komarudin Nur, Selasa(07/06/2022)

Menurut Komarudin, hasil kerajinan ukiran solder yang dibuatnya telah berhasil dipasarkan ke berbagai daerah didalam negeri hingga mancanegara.

“Alhamdulillah! hasil kerajinan solder sudah laku dipasaran pulau Jawa, Papua, Sumatera dan Sulawesi, serta menerima pesanan dari beberapa negara seperti Australia, Inggris, Malaysia dan Taiwan,” Katanya.

Lebih lanjut Komarudin, menjelaskan awal mulanya menggeluti kerajinan seni ukir kayu menggunakan solder tersebut hanya iseng mengisi waktu senggang atau libur bertugas sebagai anggota Polri.

” Awalnya mah hanya iseng saja, sambil mengisi waktu senggang dikala bertugas sebagai anggota Polri. Namun lama-kelamaan akhirnya semakin suka dan terus digeluti hingga akhirnya sampai saat ini,” jelasnya

Dari hasil isengnya tersebut, hasil karya polisi yang bertugas di Polsek Binong tersebut ternyata banyak diminati oleh masyarakat dari berbagai daerah bahkan dari luar negeri.

” Hasil karya awalnya di posting di media sosial, akhirnya banyak yang suka dan banyak menerima pesanan untuk dibuatkan aneka macam kerajinan tangan solder dari masyarakat diberbagai daerah dan luar negeri,” ungkapnya

Berkat keberhasilannya mengembangkan seni ukir solder tersebut, Komarudin akhirnya mendirikan sebuah Galeri seni kerajinan tangan.

” Untuk menampung para pelaku atau pengrajin seni kerajinan tangan (Handicraft), Alhamdulillah saya sudah mendirikan sebuah Galeri bernama Manggala Jati Diri,” ucapnya.

Dikatakan Komarudin, Galeri Manggala Jati Diri merupakan suatu komunitas yang didirikannya pada 16 Mei 2016 yang terdiri dari beberapa pengrajin handicraft di Kabupaten Subang, yang jumlahnya saat ini sebanyak 17 pengrajin.

“Manggala Jati Diri merupakan binaan dari Primkopol Polres Subang membawahi beberapa pengrajin diantaranya pengrajin pande besi, pengrajin Maranggi atau pembuat gagang dan sarung golok/kujang, pengrajin seni lukis solder dan pengrajin patung dan wayang golek,”Katanya

Sementara itu, Kapolres Subang AKBP Sumarni, mengaku bangga ada anggota Polres Subang yang mempunyai keahlian seni kerajinan tangan ukiran solder.

” Jelas kita bangga sekali ada anggota Polres Subang yang sukses punya keahlian seni kerajinan tangan bahkan produknya sudah laku di pasaran baik dalam negeri maupun luar negeri,” kata Sumarni, Selasa(07/06/2022)

Menurut Sumarni, karya seni kerajinan tangan yang dibuat anak buahnya tersebut, sungguh luar biasa indah.

“Saya pernah datang ke Galerinya di Desa Kamarung Kec.Pagaden Kab.Subang. Hasil karyanya kerajinan tangan Aiptu Mohamad Komarudin Nur, sungguh sangat luar biasa bangus dan indah,” kata Sumarni

Sumarni berharap, produk yang dibuat oleh tangan anggota Polres Subang tersebut bisa terus laku dipasaran. Selain itu apa yang dilakukan oleh Aiptu Muhamad Komarudin Nur bisa ditiru dan menjadi inspirasi serta motivasi bagi anggota lainnya.(Ahya Nurdin)

 

Bagikan: