Beranda Subang MR.PALA Bantu Stock Darah PMI Majalengka

MR.PALA Bantu Stock Darah PMI Majalengka

173
0

MAJALENGKA – Masyarakat Rajagaluh Peduli Alam (MR.PALA), Diketuai Agung Irwansyah atau disapa Boeloe mengajak masyarakat Rajagaluh untuk berdonor melalui Palang Merah Indonesia Kabupaten Majalengka (PMI) di Kantor Kepala Desa Rajagaluh, Kecamatan Rajagaluh, Majalengka, Sabtu (13/6/20).

Dikatakan Agung, saat ini stok darah di PMI Kabupaten Majalengka, sudah sangat menipis.
Salah satu penyebabnya, karena aktivitas sosial donor darah yang melibatkan banyak massa harus dibatasi, demi mencegah penyebaran virus corona.

“Dari data yang saya terima penurunan stok darah selama pandemi Covid-19, mencapai 40 persen lebih rendah dibandingkan dengan sebelum masa pandemi,” ujar Agung, dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/6/2020).

Bersama komunitas Mr.Pala, Agung selalu menggelar donor darah secara rutinan di Wilayah Kecamatan Rajagaluh, yang dikordinator oleh Rachmat Buchori dan didukung oleh generasi milenial Mr.pala Dede Pacet dan Ghagan Sundawani, Ungkap Agung.

Agung mengatakan, saat ini banyak orang yang bergantung pada transfusi darah untuk tetap bertahan hidup seperti penderita thalasemia, korban kecelakaan atau pasien yang perlu penanganan medis lainnya.

“Anjuran pemerintah untuk waspada dengan Covid-19 itu penting, namun kebutuhan darah dengan masyarakat mendonorkan darah itu juga suatu hal yang penting demi mempertahankan nyawa orang lain,” ucapnya.

Sebenarnya, kata Agung, kegiatan donor darah sudah menjadi agenda rutin Mr.pala setiap 3 bulan sekali dari sejak tahun 2003 sampai sekarang terhitung 80 s/d 100 labu per 3 bulan kegiatan donor.

Namun, karena tahun ini terjadi pandemi virus corona, serta ada kebijakan physical dan social distancing dari pemerintah, maka kegiatan donor darah dilakukan dengan mengikuti Protokol kesehatan.

Menurut Agung, pendonor tidak perlu khawatir untuk mendonorkan darahnya di tengah pandemi ini, sebab PMI sudah memiliki protokol dan Standar Oprasional Prosedur (SOP) untuk melakukan donor di tengah pandemi.

“Kami menjamin dengan PMI Majalengka, masyarakat dan para komunistas yang akan donor aman, dengan SOP yang diberlakukan, kami tidak ada target berapa labu yang didapatkan,” katanya.

Sementara Menurut Kepala Desa Rajagaluh Nurkhotim, Ia mengharapkan kesadaran masyarakat tumbuh seiring dengan gerakan yang Mr.Pala galakan. Terlebih apa yang dilakukan bisa menyelamatkan nyawa banyak orang.

“Kami harap bisa mengajak masyarakat yang sudah biasa melakukan donor untuk kembali donor karena prosedur donor ditengah pandemi itu aman,” ucap Nurkhotim.

Feri Kosasih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini