Minggu, Juli 25, 2021

Untuk Mencukupi Ketersediaan Darah di PMI, Personel Lanud Suryadarma Lakukan Donor Darah

SERING DIBACA

Pemkab Subang Dan PT.Bima Eka Jaya Gelar MoU Pembangunan Mall Pelayanan Publik

SUBANG - Dalam upaya mendukung dan memaksimalkan Pelayanan Publik. Pemkab Subang bekerjasama dengan pihak swasta akan segera membangun Mall...

Kodim 0605/Subang Lakukan Vaksinasi Covid Kepada Karyawan PT.Pertamina EP Subang Field

Subang – Sebagai langkah upaya nyata dalam penanggulangan Covid-19, PT Pertamina EP Zona 7 yang tergabung dalam Regional Jawa...

Wujud Perhatian Pimpinan, Kapolsek Legonkulon Rayakan Ultah Anggotanya

SUBANG - Kerukunan antar personil di Polsek Legonkulon tidak hanya saat bertugas rutin saja, namun juga dalam hal yang...

KALIJATI – Untuk mendukung tersedianya darah di Palang Merah Indonesia (PMI) selama wabah Covid-19 yang masih melanda dunia dan tidak terkecuali di Indonesia, maka dengan kepeduliannya personel Lanud Suryadarma bersama insub seperti Wingdiktek dan Kipan C Yonko 461 Paskhas serta PIA Ardhya Garini (PIA AG) Bakorcab Kalijati bersinergi dengan melaksanakan kegiatan donor darah untuk yang kesekian kalinya pada masa pandemi ini. Kegiatan donor darah ini dilaksanakan di gedung Chopper Lanud Suryadarma, Kalijati Subang. Rabu (20/1/2021).

Pelaksanaan donor darah ini diikuti sebanyak 150 anggota dari Lanud Suryadarma bersama insub ini dengan melibatkan 9 orang personel PMI beserta peralatannya dan dibantu oleh anggota kesehatan dari Rumah sakit dr. Hoediyono Lanud Suryadarma.

Menurut Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI Djohn Amarul, S.AB., saat melaksanakan pembukaan acara donor darah mengatakan bahwa kami dari TNI Angkatan Udara khususnya yang berada di Kabupaten Subang ini seperti Lanud Suryadarma, Wingdiktek, Kompi Paskhas dan PIA Ardhya Garini pada saat ini melaksanakan donor darah dengan maksud dan tujuan untuk kepedulian kita terhadap sesama manusia yang membutuhkan donor darah pada masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

“Seperti yang kita tahu bersama bahwa PMI di Kabupaten Subang ini di masa pandemi ini membutuhkan banyak kantong darah untuk didonorkan, oleh karena itu kita sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dalam hal ini TNI Angkatan Udara yang berada di kabupaten Subang berkeinginan untuk terus berkontribusi dalam kegiatan kemanusiaan khususnya dalam membantu warga kita yang membutuhkan darah dari PMI” ungkap Djohn Amarul.

Komandan juga menjelaskan kegiatan donor darah ini adalah merupakan kegiatan sosial yang cukup penting dan perlu untuk terus dilaksanakan. “Karena selain memiliki nilai manfaat yang cukup tinggi terhadap keselamatan jiwa seseorang, juga ada manfaat tersendiri utamanya untuk kepentingan kesehatan diri masing-masing” jelas Komandan.

“Kita juga harus menyadari karena darah yang dikaruniakan Allah SWT, untuk menunjang kehidupan manusia belum dapat diproduksi oleh pabrik manapun, karena itu setetes darah akan dapat menyelamatkan jiwa seseorang. Untuk itu diharapkan kepada pendonor yang dinyatakan sehat oleh medis agar dapat menyumbangkan darahnya bagi kepentingan kemanusiaan,” pungkas Komandan.

Pada kesempatan itu juga kepala kepala PMI Kabupaten Subang Dr. DRS. H. Komir Bastaman SH., M.Si., yang turut hadir pada acara donor darah di Lanud Suryadarma mengatakan bahwa kami sangat bersyukur Alhamdulillah kita bisa bekerja sama dengan Lanud Suryadarma Subang untuk kesekian kalinya dimasa wabah covid-19 ini untuk memenuhi kebutuhan darah di tempat kami PMI Subang.

“Untuk itu kami ucapkan banyak terima kasih karena luar biasa sekali, semoga target kami dapat tercapai sehingga kebutuhan daran di Subang akan terpenuhi dan kami sangat yakin dengan kerja sama yang baik ini kedepan kebutuhan darah di Kabupaten Subang bisa tersedia sehingga masyarakat tidak khawatir lagi kekurangan stok darah di era pandemi ini” jelas kepala PMI Subang.

Pada akhir kegiatan donor darah Karumkit dr. Hoediyono Lanud Suryadarma Mayor Kes dr. Indria Sari, Sp.B., MPH., menyampaikan bahwa kegiatan donor darah ini dapat berjalan dengan baik dan kegiatan donor darah ini dilaksanakan beberapa tahap dan bergilir bagi pendonor untuk menjaga dari kerumunan anggota dan juga diterapkan physical distancing/jaga jarak sesuai protokol kesehatan untuk mencegah wabah Covid-19.

“ Pada kegiatan donor darah kali ini para calon pendonor yang terdaftar sebanyak 150 orang namun hingga akhir kegiatan berhasil dikumpulkan sekitar 133 kantong darah yang memenuhi persyaratan dengan berbagai golongan darah untuk disimpan di PMI Subang dan yang lainnya tidak bisa melaksanakan donor karena tidak memenuhi persyaratan sebagai pendonor,” pungkas dr. Indria Sari, Sp.B., MPH.

Dalam kegiatan bakti sosial donor darah tersebut dihadiri pula oleh Komandan Wingdiktek Kolonel Tek Videon Nugroho S., S.T., Komandan Wing 8 Kolonel Pnb Antonius Adi Nur, Wakil Ketua Bidang Yankessos PMI Subang dr. H. Mugia Nugraha,M.M., Ketua PIA AG Bakorcab Kalijati Ny. Tanti Djohn Amarul, Para Kepala Dinas dari Lanud Suryadarma , Wingdiktek, para pengurus PIA AG Bakorcab Kalijati, para pejabat Lanud Suryadarma dan Wingdiktek.

 

Wartawan : Ahya Nurdin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

REKOMENDASI BERITA UNTUKMU